Bazar UMKM Bhayangkari Gumas jadi wadah promosikan produk daerah

id Bhayangkari Cabang Gunung Mas, Kalimantan Tengah, Gunung Mas, kalteng, Ketua Bhayangkari Gunung Mas, Dewi Ayu Irwansah, bazaar, bazaar di gunung mas

Bazar UMKM Bhayangkari Gumas jadi wadah promosikan produk daerah

Wakil Bupati Gunung Mas Efrensia LP Umbing (kiri) bersama Ketua TP PKK Mimie Mariatie Jaya S Monong (kanan) didampingi Ketua Bhayangkari Cabang Gunung Mas Dewi Ayu Irwansah, mengunjungi Bazar UMKM di Taman Kota Kuala Kurun, Jumat (9/12/2022). ANTARA/Chandra.

Kuala Kurun (ANTARA) - Bhayangkari Cabang Gunung Mas, Kalimantan Tengah, berusaha untuk turut memajukan berbagai produk yang dihasilkan pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) dari wilayah setempat.

Ketua Bhayangkari Cabang Gunung Mas, Dewi Ayu Irwansah saat dibincangi di Taman Kota Kuala Kurun, Jumat, mengatakan bahwa salah satu caranya adalah dengan mengadakan bazar UMKM.

"Bazar ini untuk mempromosikan dan memasarkan produk-produk yang dihasilkan pelaku UMKM, baik itu kerajinan tangan maupun kuliner hingga lainnya," ucapnya.

Dia menyebut, bazar diikuti oleh Bhayangkari Ranting Sepang, Kurun, Rungan, Manuhing, Tewah, dan Kahayan Hulu Utara. Selain itu bazar juga diikuti berbagai organisasi serta pelaku UMKM umum.

Untuk organisasi yang mengikuti bazar di antaranya Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Gunung Mas, Dharma Wanita Persatuan (DWP), dan Gabungan Organisasi Wanita (GOW).

Kemudian Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Gunung Mas, Persatuan Istri Tentara (Persit) Kartika Chandra Kirana Cabang XLII Kodim 1016 Koorcab 102 PD XII/Tanjung Pura, Persatuan Wanita Kristen Indonesia (PWKI), dan Persaudaraan Muslimah (Salimah).

"Sebelum melaksanakan di tingkat cabang, bazar UMKM telah dilakukan di tingkat ranting. Saat itu, pelaksanaan bazar UMKM di tingkat ranting disambut baik oleh masyarakat setempat.

Untuk bazar Bhayangkari Cabang Gunung Mas menurut Dewi juga berjalan dengan baik. Hal itu terlihat dari antusias masyarakat yang hadir serta membeli berbagai produk yang ada di setiap stand.

Baca juga: Wabup serahkan DIPA 2023 ke sembilan satker di Gunung Mas

Rencananya, sambung dia, Bhayangkari Cabang Gunung Mas akan kembali melaksanakan bazar UMKM. Dengan demikian diharap produk lokal daerah akan semakin dikenal dan dicintai masyarakat.

Sementara itu, Wakil Bupati Gunung Mas, Efrensia LP Umbing menyambut baik pelaksanaan bazar UMKM ini. Bazar dinilai membantu pelaku UMKM dalam memasarkan serta mempromosikan berbagai produk yang dihasilkan.

Dari pantauannya di lapangan, sebagian besar produk yang ditawarkan di setiap stand bazar juga laris terjual. Menurut dia, hal itu menandakan masyarakat Gunung Mas mencintai produk lokal.

"Ini hal yang bagus. Kalau bukan kita yang beli (produk lokal), siapa lagi? Jadi kita memang harus memiliki rasa bangga dan cinta terhadap produk lokal," demikian Efrensia.

Baca juga: Pemkab Gumas bantuan korban kebakaran di Tumbang Miwan

Baca juga: Bupati berharap seluruh gereja di Gunung Mas selalu melangkah bersama pemkab

Baca juga: Bupati ajak masyarakat Gunung Mas deteksi dan cegah konflik