Kasongan (ANTARA) - Bupati Katingan, Kalimantan Tengah, Sakariyas menyatakan bahwa pengerjaan pembangunan patung Pahlawan Nasional Tjilik Riwut yang baru segera rampung dan akan diresmikan ada akhir tahun 2022.

"Peresmian pengganti patung Tjilik Riwut yang sempat roboh itu akan dilaksanakan secara bersamaan dengan malam tutup tahun 2022 dan menyambut tahun baru 2023,  kata Sakariyas di Kasongan, Senin.

Untuk meramaikan akan digelar festival budaya, pertunjukan kesenian daerah dan sebagainya. Kedua acara di pusatkan di sekitar Bundaran Bupati Katingan di Kasongan.

"Acara terbuka untuk umum dan secara khusus kami juga mengundang keluarga besar Pahlawan Nasional Tjilik Riwut, tokoh masyarakat dan tokoh agama," ucapnya.

Lebih lanjut orang nomor satu di Bumi Penyang Hinje Simpei ini menjelaskan secara keseluruhan patung Gubernur Kalteng kedua itu terlihat lebih istimewa dan menarik. Salah satu keistimewaannya yakni akan dihiasi dengan relief yang menggambarkan sejarah perjuangan Pahlawan Nasional kebanggaan masyarakat Kalteng.

Untuk itu dalam waktu dekat pihaknya akan berkunjung ke pengrajinnya di Bantul, Yogyakarta guna melihat sekaligus menguji kualitas patung pahlawan nasional asli putra daerah Katingan yang terbuat dari bahan perunggu.

Baca juga: Bupati Katingan: Jangan jadikan perbedaan sebagai masalah jelang tahun politik

"Dengan adanya relief sejarah perjuangan beliau di monumen tersebut diharapkan dapat menambah wawasan para generasi muda sekaligus bisa mengikuti jejak beliau menjadi pahlawan-pahlawan pembangunan ke depannya," tutur pria yang pernah menjadi Kepala Bank Kalteng cabang Kasongan.

Harapannya tidak ada lagi perbedaan pendapat di masyarakat mengenai model patung tersebut. Alasannya desain patung Tjilik Riwut yang mengenakan seragam tentara tanpa memegang senjata itu sebelumnya telah dirembukkan bersama-sama dengan putra-putri dan keluarga besar Tjilik Riwut serta para tokoh masyarakat dan tokoh agama.

Sekedar diketahui, Patung Pahlawan Nasional Tjilik Riwut yang terletak di tengah-tengah bundaran perkantoran Bupati Katingan di Kota Kasongan roboh dan terbelah dua dari bagian pinggang ke atas diduga akibat angin kencang.

Baca juga: Pemkab Katingan mulai salurkan BLT-BBM

Baca juga: KPM tujuh kelurahan di Katingan terima BLT-BBM Rp900 ribu

Baca juga: Katingan kembali buka lowongan 987 formasi PPPK guru

Pewarta : Fernando Rajagukguk
Uploader : Admin 3
Copyright © ANTARA 2024