Kuala Kurun (ANTARA) - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Gunung Mas, Kalimantan Tengah, menilai jembatan timbang diperlukan di daerah pemilihan (dapil) III di kabupaten setempat.

Jembatan timbang tersebut diperlukan mengingat cukup banyak angkutan sumber daya alam yang keluar masuk ke wilayah dapil III, kata Juru bicara DPRD Gunung Mas dapil III Evandi saat rapat paripurna di Kuala Kurun, Jumat.

“Itu salah satu permasalahan yang kami jumpai, saat pelaksanaan reses di dapil III di Kecamatan Tewah, Kahayan Hulu Utara, Miri Manasa, dan Damang Batu, 29 November-4 Desember 2022 lalu,” sambungnya.

Angkutan hasil sumber daya alam (SDA) tersebut diduga menjadi penyebab ruas jalan Tewah-Kahayan Hulu Utara menjadi rusak. Kerusakan tersebut sangat mengganggu kelancaran transportasi masyarakat di wilayah dapil III.

Terlebih saat ini musim hujan, ditambah angkutan SDA yang melintas dinilai tidak menaati ketentuan dan peraturan penggunaan jalan atau kelas jalan. Ini tentunya memerlukan penanganan yang serius dari pemerintah.

Baca juga: Bupati Gumas minta pembudidaya ikan perhatikan siklus permintaan pasar

Oleh sebab itu, sambung pria kelahiran Kelurahan Tumbang Miri Kecamatan Kahayan Hulu Utara ini, DPRD Gunung Mas menilai keberadaan jembatan timbang sangat diperlukan di wilayah dapil III.

Reses juga menampung usulan masyarakat di berbagai bidang, mulai dari infrastruktur, pendidikan, kesehatan, pemerintahan, pertanian, perikanan dan ketahanan pangan, keagamaan, pariwisata, dan kemasyarakatan.

DPRD berharap usulan atau aspirasi masyarakat dapil III dapat menjadi pertimbangan dan sinergi dengan tujuan dari arah kebijakan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) 2019-2024, yang kemudian menjadi arah kebijakan pembangunan daerah.

Reses gabungan DPRD Gunung Mas dapil III diikuti oleh Gumer, Untung Jaya Bangas, Polie L Mihing, Rahmansyah, Evandi, Siti Hilmiah, Elvi Esie, dan Carles Frenki.

Baca juga: DPRD minta pembangunan infrastruktur tetap menjadi prioritas di Dapil II Gumas

Baca juga: Masyarakat Dapil I Gunung Mas berharap peningkatan program pemberdayaan

Baca juga: Wabup Gumas: Cegah stunting dengan memerhatikan gizi anak


Pewarta : Chandra
Uploader : Admin 2
Copyright © ANTARA 2024