Pastikan alat beroperasi akurat, Disperindagkop Kobar cek alat UTTP SPBU

id pemkab kotawaringin barat, disperindagkop kobar, pengecekan dan pengawasan alat timbang, spbu kobar, pangkalan bun, kobar, kotawaringin barat

Pastikan alat beroperasi akurat, Disperindagkop Kobar cek alat UTTP SPBU

Pengawas Disperindagkop Kobar melakukan pengecekan dan pengawasan terhadap alat Uji Takaran Timbangan dan Pengukur Peralatan di SPBU, (20/12/2024). (ANTARA/HO-Disperindagkop Kobar)

Pangkalan Bun (ANTARA) -
Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah melakukan pengecekan dan pengawasan terhadap alat Uji Takaran Timbangan dan Pengukur Peralatan atau UTTP di sejumlah SPBU jelang perayaan Natal dan Tahun Baru 2024.
 
"Kegiatan ini bertujuan memastikan alat UTTP di SPBU beroperasi dengan akurat dan sesuai standar, sehingga konsumen mendapatkan layanan yang adil dan transparan," kata Kepala Bidang Perdagangan pada Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Disperindagkop) Kotawaringin Barat (Kobar) Muhammad Suhendra di Pangkalan Bun, Jumat.
 
Suhendra menjelaskan pemeriksaan dan pengawasan ini penting dilakukan untuk menjaga ketersediaan dan keakuratan alat UTTP di SPBU.
 
"Ini juga sebagai bentuk dukungan kita terhadap kelancaran aktivitas masyarakat selama masa libur Natal dan Tahun Baru 2024," ucapnya.

Baca juga: Pj Bupati ajak masyarakat Kobar terlibat aktif ciptakan suasana kondusif jelang Nataru
 
Kabid Perdagangan Disperindagkop tersebut juga menyampaikan, langkah yang dilakukan pihaknya merupakan upaya pemerintah dalam menjaga keamanan dan kualitas layanan kepada masyarakat.
 
"Terutama dalam konteks ketersediaan bahan bakar menjelang momen perayaan Natal dan tahun baru dan ini rutin kita laksanakan sebagai komitmen pemerintah dalam melindungi hak-hak konsumen," terangnya.
 
Selain pengawasan, pihaknya juga memberikan edukasi kepada pengelola SPBU, terkait tata cara penggunaan alat UTTP yang benar serta pentingnya menjaga kebersihan dan kualitas alat tersebut.
 
"Diharapkan, dengan pengawasan yang ketat ini, masyarakat dapat merasa aman dan percaya saat melakukan transaksi di SPBU menjelang perayaan Natal dan Tahun Baru," demikian Muhammad Suhendra.

Baca juga: Polres Kobar libatkan puluhan personel dan delapan pos amankan Nataru

Baca juga: Pastikan keselamatan penumpang, Dishub Kobar lakukan Ramp Check ke transportasi umum

Baca juga: POM Kobar temukan banyak produk pangan rusak dan kadaluwarsa masih dijual