Pangkalan Bun (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah, telah menetapkan tetap fokus dan akan terus berupaya kembangkan ekonomi kreatif demi meningkatkan kesejahteraan masyarakat di wilayah setempat.

Ekonomi kreatif menjadi salah satu fokus pembangunan ekonomi daerah karena menjadi pemicu terus memutar roda perekonomian dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat, ujar Asisten 1 Sekretariat Daerah (Setda) Pemkab Kobar Tengku Ali Syahbana di Pangkalan Banteng, kemarin.

"Ada begitu banyak potensi industri ekonomi kreatif dapat dikembangkan sebagai produk unggulan di Kabupaten ini. Beberapa diantaranya, yakni seni, kerajinan tangan, kuliner, pariwisata, dan lainnya," tambahnya.

Dikatakannya, Pemkab Kobar terus melakukan penjajakan yang lebih mendalam dalam pengembangan sektor ekonomi kreatif ini, misal terus mendukung potensi-potensi yang ada di Kobar, seperti mengadakan pelatihan-pelatihan, dan mengadakan kegiatan-kegiatan yang mampu meningkatkan perekonomian UMKM. 

"Kita liat sendiri di Kobar sering mengadakan pameran atau kegiatan-kegiatan yang mampu meningkatkan ekonomi UMKM, dan juga kita padukan dengan pagelaran seni seperti yang dilaksanakan di Pangkalan Banteng ini yakni Gebyar Night Market Kota Satelit Baru," kata Tengku Ali.

Sementara itu, Camat Pangkalan Banteng Sigit Imam Mulia menambahkan, kegiatan Pangkalan Banteng Night Market sendiri dilaksanakan selama delapan hari, dan menyediakan 98 tenda untuk UMKM. 

Baca juga: Pemkab Kobar terus optimalkan UHC di berbagai fasilitas kesehatan

"Tujuan dilaksanakannya kegiatan Pangkalan Banteng Night Marketi ini untuk meningkatkan ekonomi dan inovasi pada bidang barang ataupun jasa khususnya pada level UMKM menengah ke bawah," terang Sigit. 

Ia berharap, dengan adanya kegiatan ini dapat menunjang perputaran ekonomi pada level UMKM menengah ke bawah, apalagi saat ini daerah sedang berjuang dalam menghadapi kenaikan inflasi. 

"Semoga dengan adanya kegiatan seperti ini bisa menjadi angin segar bagi pelaku usaha kecil, dan menegah dalam meningkatkan kualitas ekonomi masyarakat," harap Camat Pangkalan Banteng.

Baca juga: Pemkab Kobar terus optimalkan program dan kegiatan pengendalian inflasi daerah

Baca juga: Pemkab Kobar libatkan 13 pihak swasta dalam pemeliharaan jalan

Baca juga: IWAPI siap berkolaborasi meningkatkan perekonomian Kobar

Pewarta : M Husein Asyari
Uploader : Admin 3
Copyright © ANTARA 2024