Kuala Kurun (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Bengkayang, Kalimantan Barat, berkunjung ke Kabupaten Gunung Mas, Kalimantan Tengah, dalam rangka mempelajari penerapan tanggung jawab sosial perusahaan atau corporate social responsibility (CSR).

Bupati Bengkayang, Sebastianus Darwis di Kuala Kurun, Jumat, mengatakan bahwa pihaknya mempelajari berbagai hal terkait penerapan CSR di beberapa daerah, agar kehadiran perusahaan swasta benar-benar dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.

“Kami sedang mencari cara ke beberapa daerah yang sudah maju dalam penerapan (CSR) ini. Sebelumnya kami ke daerah tetangga kami yakni Kabupaten Sintang (Kalbar), dan sekarang ke Gunung Mas,” sambungnya.

Dia menyebut, ada sejumlah perusahaan swasta yang beroperasi di Bengkayang. Perusahaan swasta tersebut sebagian besar bergerak di bidang perkebunan dan sebagian lagi di bidang pertambangan.

Dalam kunjungan tersebut kedatangan Bupati Bengkayang dan rombongan diterima langsung oleh Bupati Gunung Mas, Jaya S Monong bersama sejumlah staf ahli serta kepala perangkat daerah.

Baca juga: Penanganan jalan Tewah-Tumbang Miri harus diiringi pembatasan angkutan PBS

Selama berdiskusi, Bupati Gunung Mas membeberkan pengalaman, dalam upaya memastikan PBS yang beroperasi di wilayah setempat benar-benar merealisasikan CSR, demi kesejahteraan masyarakat dan kemajuan daerah.

Menurut Jaya, ada berbagai tantangan dalam memastikan PBS benar-benar merealisasikan CSR. Namun selama berpegang pada aturan, maka pemerintah daerah tidak perlu ragu untuk memastikan PBS merealisasikan CSR.

“Di Gunung Mas ada forum CSR, yang mengatur berbagai hal terkait CSR itu sendiri. CSR diarahkan ke sejumlah bidang seperti kesehatan, pendidikan, dan lainnya,” paparnya.

Saat ini sejumlah PBS yang beroperasi di wilayah kabupaten bermoto ‘Habangkalan Penyang Karuhei Tatau’, telah merealisasikan CSR. Sedangkan bagi yang belum diingatkan agar segera merealisasikan.

Dia menegaskan bahwa CSR wajib dijalankan oleh PBS. PBS jangan hanya mengeruk keuntungan dari kekayaan alam daerah, namun hendaknya juga ikut berkontribusi dalam upaya memajukan daerah dan mensejahterakan masyarakat.

Baca juga: Legislator optimistis tim basket putri Gumas raih medali Porprov

Baca juga: Kondusifitas jadi kunci pembangunan di Gunung Mas pada 2024

Baca juga: Masyarakat Gumas diajak manfaatkan identitas kependudukan digital


Pewarta : Chandra
Uploader : Admin 2
Copyright © ANTARA 2024