Pemkab Mura jalin kerja sama dengan Pemkab Bengkayang

id Kabupaten Murung Raya, Kalimantan Tengah, Murung Raya, mura, kalteng, pemkab mura kerjasama dengan Pemkab Bengkayang

Pemkab Mura jalin kerja sama dengan Pemkab Bengkayang

Bupati Murung Raya Perdie M Yoseph melakukan penandatanganan MoU pada acara kunjungan kerja oleh Pemkab Bengkayang yang dilaksanakan di aula setda Gedung B di Puruk Cahu, Senin (20/3/2023). ANTARA/Supriadi.

Puruk Cahu, Kalteng (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Murung Raya, Kalimantan Tengah, melakukan penandatanganan kerja sama dalam berbagai bidang dengan Pemerintah Kabupaten Bengkayang, Provinsi Kalimantan Barat, yang dilaksanakan di aula setda Gedung B di Puruk Cahu, Senin.

Bupati Murung Raya Perdie M Yoseph mengatakan bahwa kunjungan kerja yang dilakukan oleh Pemkab Bengkayang tersebut merupakan kunjungan balasan setelah sebelumnya dilaksanakan ke wilayah setempat pada tahun 2021.

"Ada beberapa hal yang dirinya diskusikan dengan Bupati Bengkayang disela kegiatan ataupun peninjauan di beberapa lokasi di Kabupaten Murung Raya sejak kedatangan rombongan Pemkab Bengkayang pada, Sabtu (18/3)," beber dia.

Dalam diskusi, lanjut dia, dalam rangka mencari tahu, menjajaki pelung apa saja yang cocok, efektif dan efisien antara Pemkab Bengkayang dengan Pemkab Murung Raya untuk dilakukan kerja sama.

Perdie mengatakan banyak hal yang dibahas perihal bidang kerjasama yang akan dilakukan untuk kerja sama, seperti dalam bidang pertanian, pariwisata, budaya, pendidikan, kesehatan dan sebagainya. Kemudian, Kabupaten Murung Raya dengan Kabupaten Bengkayang mempunyai ciri khas dan kearifan lokal serta kebijakan sedikit berbeda, sehingga akan sangat bagus bila disinergikan dalam hal tertentu dalam rangka memperoleh nilai tambah dari kegiatan kunjungan kerja tersebut.

"Tentunya apa yang akan dikerjasamakan tersebut didahului dengan MoU. Sedangkan untuk penjajakan atau tindak lanjut ke depannya kita akan cari waktu lagi yang tepat. Pada prinsipnya tidak lain untuk mempercepat pembangunan dan kesejahteraan masyarakat," ungkapnya.

Baca juga: Pemkab Murung Raya sediakan ribuan paket pangan murah sambut Ramadhan

Sementara itu, Bupati Bengkayang, Sebastianus Darwis mengucapkan rasa terima kasihnya atas penyambutan dari Pemkab Mura yang sangat luar biasa, mulai dari prosesi adat penyambutan, sampai acara formal penandatanganan MoU.

"Kami berterima kasih atas sambutan hangatnya, kearifan lokal yang sama pentingnya seperti di kabupaten kita menjadi sambutan yang hangat bagi kami, terlebih kami sangat ingin menggali bagaimana Kabupaten Murung Raya mempunyai banyak prestasi, khususnya dalam pengelolaan keuangan daerah sampai beberapa kali mendapatkan opini wajar tanpa pengecualian (WTP) dari BPK RI," ucap Sebastianus Darwis

Dirinya pun berharap dari berbagai potensi-potensi yang ada dari masing-masing kabupaten nantinya dapat dibangun kerjasama yang dapat dijadikan langkah membangun kesejahteraan masyarakat masing-masing daerah.

Baca juga: Bupati Murung Raya sebut musrenbang sebagai sarana percepatan pembangunan

Baca juga: Disdukcapil Murung Raya laksanakan uji publik standar pelayanan

Baca juga: Tahun ini Murung Raya targetkan 22 desa teraliri listrik