Pemkab Murung Raya sediakan ribuan paket pangan murah sambut Ramadhan

id Pemkab Murung Raya sediakan ribuan paket pangan murah sambut Ramadhan, kalteng, puruk cahu, mura, perdie, murung raya

Pemkab Murung Raya sediakan ribuan paket pangan murah sambut Ramadhan

Bupati Murung Raya, Perdie M. Yoseph. ANTARA/Supriadi

Puruk Cahu (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Murung Raya, Provinsi Kalimantan Tengah melalui Dinas Koperasi, UMKM, Perindustrian dan Perdagangan melaksanakan pasar penyeimbang dalam rangka menekan harga pangan jelang bulan suci Ramadhan 1444 hijriah.

“Pasar penyeimbang ini sudah berjalan dengan mendatangi berbagai titik di 10 kecamatan. Dalam pasar penyeimbang ini tersedia sejumlah pangan strategis dengan harga yang telah disubsidi,” tutur Kepala Dinas Koperasi, UMKM, Perindustrian dan Perdagangan Murung Raya, Suria Siri di Puruk Cahu, Senin.

Menurut Suria juga, paket pangan yang terdiri dari beras, gula serta minyak goreng yang kisaran harganya sekitar Rp180 ribu, dijual dengan hanya Rp50 ribu per paket pada kegiatan pasar penyeimbang

“Dalam kegiatan pasar penyeimbang ini kami bekerjasama dengan pihak Bulog dengan total pangan yang disebar mencapai 2.350 paket. Hari ini saja kegiatan pasar penyeimbang dilaksanakan di dua titik, yakni di Kelurahan Saripoi Kecamatan Tanah Siang dan Kelurahan Puruk Cahu Kecamatan Murung,” tambah Suria.

Terpisah Bupati Murung Raya, Perdie M. Yoseph mengatakan pemerintah daerah telah menyiapkan beberapa langkah antisipasi untuk mengatasi kenaikan harga akibat naiknya daya beli warga jelang bulan suci Ramadhan.

Baca juga: Bupati Murung Raya sebut musrenbang sebagai sarana percepatan pembangunan

Menurut Perdie, pemerintah daerah sudah melaksanakan rapat koordinasi dalam menghadapi bulan suci Ramadhan yang biasanya mengalami kenaikan harga dan menyiapkan beberapa langkah antisipasi sehingga tidak berpengaruh terhadap daya beli masyarakat.

Berdasarkan hasil rapat koordinasi tersebut, Perdie menyebutkan pihaknya akan melakukan peninjauan ke pasar. Pemerintah daerah juga akan menggelar pasar murah atau pasar penyeimbang.

Pemantauan pun tidak hanya berpusat kepada sembilan bahan pokok, tetapi juga akan ditinjau pada komoditi lainnya.

“Semuanya kita akan pantau termasuk harga cabe, daging ayam, daging sapi, sembilan bahan pokok dan lain-lain,” tambah Perdie.

Baca juga: Disdukcapil Murung Raya laksanakan uji publik standar pelayanan

Baca juga: Tahun ini Murung Raya targetkan 22 desa teraliri listrik

Baca juga: Tingkatkan mutu pendidikan, 92 PAUD di Murung Raya ikuti sosialisasi akreditasi