Tamiang Layang (ANTARA) - Ketua DPC Partai Gerindra Kabupaten Barito Timur, Kalimantan Tengah Eskop menyatakan bahwa pihaknya siap berkoalisi dengan Partai Demokrat untuk pengusungan pasangan calon dalam pemilihan kepala daerah tahun 2024 di wilayah setempat.

Koalisi itu karena syarat untuk mengusung pasangan calon di Pilkada Barito Timur harus lima kursi, kata Eskop usai mendaftarkan diri sebagai Calon Bupati Bartim di Sekretariat DPC Demokrat di Tamiang Layang, Selasa.

"Kami kan mendapat empat kursi di DPRD Bartim dalam pemilu 2024. Jadi, kami siap berkoalisi dengan Partai Demokrat," ucapnya.

Menurutnya, saat ini kondisi Partai Gerindra bangga dan berbahagia karena putusan Mahkamah Konstitusi pada tanggal 22 April 2024 yang akhirnya memenangkan pasangan calon Presiden dan Wakil Presiden nomor urut dua Prabowo – Gibran. Dan euforia itu juga dirasakan masyarakat pemilih di Kabupaten Barito Timur yang persentasenya mencapai 76 persen.

Eskop yang pernah menjadi Sekda Bartim itu pun berkomitmen ingin meneruskan dan merealisasikan program dan kegiatan nantinya untuk segenap masyarakat Kabupaten Barito Timur.

"Program RPJMN yang dikampanyekan dari pusat sampai daerah harus selaras, sehingga sebagai pimpinan Partai Gerindra (pengusung) kita diharapkan menjemput amanah untuk merealisasikan hingga k edaerah," kata dia.

Terkait koalisi, Eskop optimis bisa berkoalisi dengan Partai Demokrat. Karena ada dilihat ikatan secara emosional Partai Demokrat dekat dengan Gerindra. “Dan semoga mendapat dukungan dari masyarakat dan Partai Demokrat,” kata Eskop sembari berharap.

Eskop juga menyatakan telah mempersiapkan segala sesuatunya termasuk visi dan misi dalam Pilkada Barito Timur 2024, dengan menyelaraskan dengan program nasional, yaitu program Prabowo – Gibran sebagai presiden terpilih.

Baca juga: PAN Kalteng buka pendaftaran bakal calon kepala daerah di pilkada 2024

Direktur Eksekutif DPC Demokrat Barito Timur, Joko Subandono mengatakan, Eskop merupakan salah satu pendaftar bakal calon bupati yang melamar ke Partai Demokrat. Hingga saat ini, sembilan figur yang telah mendaftarkan diri bakal calon bupati maupun sebagai bakal calon wakil bupati.

Kesembilan pendaftar tersebut yakni Amonius Tuyum, Ariantho S Muler, Muniko Kurniawan, Riza Rahmadi, Adi Garoe, Supriatna, Habib Said Abdul Saleh, Bias Layar dan Eskop. Dua diantara mendaftarkan sebagai Calon wakil Bupati Barito Timur yakni Amonius Tuyum dan Riza Rahmadi.

"Kemungkinan ada lagi yang akan mendaftar ke Partai Demokrat, karena ada yang sudah mengambil formulir dan belum menyerahkannya. Sedangkan untuk pendaftaran atau penjaringan Calon Bupati dan Wakil Bupati Barito Timur 2024 sudah diperpanjang hingga akhir Mei 2024," demikian Joko Subandono.

Baca juga: Edy Pratowo: Sudah enam kali pemilu

Baca juga: Teras Narang sebut lima nama berpeluang maju di Pilkada Kalteng 2024

Baca juga: PKB dan PDIP jaga komitmen berkoalisi secara menyeluruh di Pilkada 2024 se-Kalteng

Pewarta : Habibullah
Uploader : Admin 3
Copyright © ANTARA 2024