Sampit (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim), Kalimantan Tengah kembali menggelar Sampit Expo yang bertajuk Fun Fair Sampit Expo 2024 sebagai sarana untuk promosi produk unggulan UMKM dan sosialisasi program kerja pemerintah daerah.

“Kegiatan ini kami gelar untuk meningkatkan perekonomian kita, memberi wadah bagi UMKM kita untuk promosi dan berjualan. Disisi lain, juga untuk sosialisasi program kerja pemerintah daerah,” kata Kepala Dinas Koperasi UKM Perindustrian dan Perdagangan Kotim, Zulhaidir di Sampit, Rabu.

Fun Fair Sampit Expo 2024 digelar di kawasan Stadion 29 November Sampit pada 8-15 Juni 2024. Lokasi acara terbagi dua, yakni di halaman dalam stadion dan lapangan sepak bola mini.

Kegiatan ini akan melibatkan UMKM, PKL dan  organisasi perangkat daerah (OPD) maupun instansi vertikal. Beberapa kegiatan yang akan meramaikan acara tersebut antara lain festival kuliner, pasar rakyat, pekan investasi, wahana permainan dan panggung hiburan.

Zulhaidir menjelaskan, pemerintah daerah terus berupaya mendorong UMKM agar terus maju dan berkembang salah satunya dengan rutin menggelar kegiatan Sampit Expo setiap tahun.

Melalui kegiatan ini juga memberikan kesempatan bagi OPD untuk menyosialisasikan program kerja di instansi masing-masing kepada masyarakat luas. Bukan hanya OPD di lingkungan Pemkab Kotim, rencananya Sampit Expo 2024 juga mengundang perwakilan dari setiap kabupaten/kota di Kalimantan Tengah.

Baca juga: Palangka Raya perluas pemasaran UMKM melalui Indonesia City Expo

“Dalam menggelar acara ini kami bekerja sama dengan pihak ketiga, saat ini persiapan sudah berjalan dan sebagian besar tenda sudah didirikan. Kami juga melakukan penertiban di sekitar stadion bersama Dispora,” ujarnya.

Tak lupa Zulhaidir mengajak masyarakat Kotim untuk ikut meramaikan Fun Fair Sampit Expo 2024 dan turut memberikan dukungan kepada UMKM lokal. Ia juga berharap kegiatan yang berlangsung selama delapan hari itu dapat berjalan lancar dan sukses.

Sementara itu, perwakilan Galena Enterprise PT Mahudun, Zul Efendi menyampaikan persiapan Fun Fair Sampit Expo 2024 kurang lebih telah mencapai 80 persen. Lebih dari 200 tenda maupun stan disiapkan untuk kegiatan tersebut yang dibagi ke dua lokasi. Ada dua jenis ukuran tenda, yakni 3x3 meter dan 5x5 meter.

Lokasi pertama di halaman dalam stadion, terdiri atas stan OPD berukuran 3x3 meter sebanyak 45 unit yang ditampung dalam satu tenda besar, lalu 16 tenda ukuran 5x5 meter untuk UMKM dan 45 tenda ukuran 3x3 meter untuk pedagang kuliner.

Lokasi kedua di lapangan sepak bola mini, terdiri atas 56 tenda ukuran 5x5 meter dan 53 tenda ukuran 3x3 meter. Tenda maupun stan disewakan dengan tarif bervariasi, untuk lokasi pertama mulai dari Rp3 juta hingga Rp 8 juta. Sedangkan, di lokasi kedua mulai dari Rp1 juta hingga Rp5 juta.

Baca juga: Anggota DPRD Barsel minta pemkab gelar pasar murah

Baca juga: Pemerintah Kota Palangka Raya diminta tingkatkan pengembangan ekonomi

Baca juga: BPD Pulang Pisau: Pajak air tanah mulai diberlakukan tahun ini


Pewarta : Devita Maulina
Uploader : Admin 2
Copyright © ANTARA 2024