Palangka Raya (ANTARA) - Polres Palangka Raya, Kalimantan Tengah terus memperkuat kemampuan personel dengan pelatihan manajemen waktu (dalmas) untuk mengantisipasi gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) pada pelaksanaan Pemilihan Bupati (Pilkada) serentak 2024.

Kepala Seksi Humas (Kasi) Polresta Palangka Raya Iptu Sukrianto di Palangka Raya, Rabu, mengatakan pelatihan dalmas yang terus digencarkan personel Polres setempat bertujuan untuk mengantisipasi potensi gangguan terhadap aparat kepolisian. yang mungkin terjadi selama kampanye dan pemungutan suara nanti.

“Kami berupaya semaksimal mungkin menjamin keamanan dan ketertiban selama pelaksanaan tahapan pemilu serentak mendatang. Pelatihan dalmas dan patroli keamanan merupakan bagian dari strategi kami dalam menjaga situasi kondusif di tengah masyarakat,” ujarnya.

Perwira Polisi Pertama mengungkapkan, dalam pelatihan dalmas, petugas diberikan pengetahuan dan keterampilan khusus dalam menghadapi potensi kerusuhan atau gangguan keamanan lainnya. Di mana personel dilatih untuk bertindak cepat dan tepat dalam menghadapi situasi yang mungkin mempengaruhi jalannya pemilu serentak di Kota Palangka Raya. Kepolisian setempat juga mengajak seluruh elemen masyarakat untuk bersama-sama menciptakan lingkungan yang aman dan kondusif selama proses demokrasi.

“Dengan persiapan yang matang dan kerja sama yang baik antara kepolisian dan masyarakat, diharapkan Pemilu Serentak 2024 dapat berjalan lancar dan damai di Kota Palangka Raya,” ujarnya.

Baca juga: Polres Palangka Raya tingkatkan patroli ke SPBU

Selain itu, tambah Sukrianto, personel Polresta Palangka Raya juga rajin menjaga kamtibmas di wilayah hukumnya dengan melaksanakan patroli malam di setiap kompleks perumahan masyarakat, dengan tujuan untuk mengurangi angka kejadian kriminalitas di wilayah setempat.

Tak hanya itu, wilayah-wilayah yang dianggap rawan juga diawasi secara intensif agar wilayah setempat benar-benar aman dan tidak ada gangguan kamtibmas sama sekali.

“Iya kita bersyukur sekali, sampai saat ini kondisi di wilayah kita aman dan jarang ada gangguan yang nyata. Malah masyarakat sekarang sangat membantu polisi, kalau ada apa-apa, mereka selalu menghubungi kita,” kata Sukrianto.

Baca juga: Polres Lamandau patroli rutin di SPBU antisipasi kelangkaan BBM

Baca juga: Polda Kalteng ungkap 22 kasus sindikat curanmor

Baca juga: Pemkot dan Polres Palangka Raya terus perkuat kolaborasi pengamanan pemilu


Pewarta : Adi Wibowo
Uploader : Admin 3
Copyright © ANTARA 2024