Kuala Kapuas (ANTARA) - Potensi Desa Terusan Mulya, Kecamatan Bataguh, Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah, di bidang pertanian cukup berpotensial dengan satu musim bisa menghasilkan beras 5.000 ton lebih.

“Memang di Desa Terusan Mulya ini, potensi yang paling pontensial sekali adalah pertanian, terutama produksi berasnya memang tinggi,” kata Kepala Dinas Pemberdayaan, Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Kapuas, Budi Kurniawan, di Kuala Kapuas, Jumat.

Hal itu disampaikannya saat menghadiri serta mendampingi Tim penilai dari Provinsi Kalteng, dalam rangka penilaian lapangan lomba desa/ kelurahan tingkat provinsi di Desa Terusan Mulya.

Pihaknya berharap, dengan adanya potensi ini pemerintah desa bisa memaksimalkan dan manfaatkan itu untuk bisa meningkatkan pendapatan hasil desa, salah satunya adalah pengolahan beras atau padi dikelola oleh BUMDes.

Baca juga: Desa Terusan Mulya wakili Kapuas dalam lomba desa tingkat provinsi

“Termasuk juga peralatan pertanian dan pengadaan pupuk serta sarana prasarana produksi pertanian. Nah, inikan sebenarnya potensi bagus untuk desa atau BUMDes untuk meningkatkan pendapatan hasil desanya dengan melihat potensi riil yang ada di desanya. Kalau kita bicara pertanian, maka potensi pertanianlah yang harus kita dorong, dikembangkan, dan di manfaatkan secara maksimal untuk kesejahteraan masyarakat di desanya,” tuturnya.

Mantan Kepala Dinas Sosial kabupaten setempat ini menambahkan, dirinya sangat menyambut baik serta mengapresiasi Desa Terusan Mulya yang memiliki potensi di bidang pertanian cukup berpotensial.

Sementara itu, Penjabat Kepala Desa Terusan Mulya, Kusnan mengatakan, di daerahnya yang paling diunggulkan adalah di bidang pertanian.

“Yang paling diunggulkan di desa kami ini adalah beras. Untuk potensinya satu musim itu, kisaran lima ribu ton lebih,” kata Kusnan.

Untuk tahun ini saja, sambungnya, yang sudah selesai tanam itu ada 1.250 hektar.

“Jadi dalam tiga bulan ke depan nanti akan panen, dengan kisaran lima ribu ton itu,” demikian Kusnan.

Baca juga: Penjabat Bupati Kapuas beri motivasi guru selalu bersemangat bekerja

Baca juga: Desa Terusan Mulya juara I lomba desa tingkat Kabupaten Kapuas

Baca juga: Pj Bupati Kapuas salurkan bantuan kebakaran di Desa Saka Tamiang


Pewarta : All Ikhwan
Uploader : Admin 2
Copyright © ANTARA 2024