Palangka Raya (ANTARA) - Ketua Komisi C DPRD Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah, Hasan Busyairi mengajak seluruh pihak di wilayah setempat, agar bersama-sama dan terus meningkatkan sinergitas dalam mewujudkan lingkungan yang sehat.

"Misalnya dengan berperilaku hidup bersih, baik itu untuk diri sendiri serta lingkungan sekitar sangatlah erat kaitannya dalam mewujudkan lingkungan yang sehat di daerah ini," katanya di Palangka Raya, Selasa.

Legislator Palangka Raya itu menjelaskan bahwa dengan kondisi cuaca yang tak menentu seperti saat ini, perlu adanya kesadaran dari masyarakat untuk menjaga kebersihan lingkungan untuk mencegah serangan berbagai penyakit, salah satunya demam berdarah dengue (DBD).

Untuk itu, masyarakat dapat melakukan langkah sederhana seperti rutin membersihkan saluran air, menutup atau mengubur sampah atau barang yang bisa menjadi wadah air tergenang atau rutin membersihkan dapur atau kolong rumah dari rumah agar tidak menjadi sarang hewan pembawa penyakit.

"Seharusnya masyarakat sudah memiliki kesadaran ini dari dalam diri mereka, bahwa lingkungan ini menjadi tanggung jawab bersama, bukan hanya pemerintah saja," ucapnya.

Hasan menyebut bahwa Pemerintah Kota Palangka Raya, melalui Dinas terkait juga berperan penting untuk terus menerus aktif dalam melakukan sosialisasi, termasuk edukasi kepada masyarakat mengenai pentingnya menjaga kesehatan serta lingkungan.

Dirinya menilai, upaya pencegahan penyakit seperti halnya DBD sangat bergantung pada peran serta masyarakat dalam menjaga kebersihan lingkungan mereka.

"Yang menjadi perhatian adalah, untuk keberhasilan upaya ini tidak hanya tergantung pada Pemerintah namun harus ada sinergi dengan masyarakat atau komunitas serta berbagai lapisan masyarakat," ujar dia.

Baca juga: Legislator Palangka Raya soroti kerusakan jalan menuju IAKN

Politisi Partai Golkar ini menilai, bahwa pemberian sosialisasi dan edukasi kesehatan yang berkelanjutan tentunya lebih efektif dalam membangun kesadaran dan keterlibatan masyarakat dalam upaya pencegahan penyakit.

Disamping juga mendukung terciptanya lingkungan yang lebih bersih dan sehat di Kota Palangka Raya, upaya tersebut tentunya ke depan akan menjadi budaya yang tertanam di dalam diri masyarakat untuk peka terhadap lingkungan masing-masing.

"Dengan meningkatkan kesadaran masyarakat, kita yakin dapat menciptakan lingkungan yang tidak hanya aman, nyaman, dan bersih, tetapi juga bebas dari wabah penyakit," demikian Hasan Busyairi.

Baca juga: Diperkirakan hujan lebat, Pemkot diminta perhatikan pohon rawan tumbang

Baca juga: Relawan pemadam kebakaran berperan penting tanggulangi bencana di Kota Palangka Raya

Baca juga: Anggota dewan terpilih di Palangka Raya jalani tes jasmani dan rohani

Pewarta : Rajib Rizali
Uploader : Admin 3
Copyright © ANTARA 2024