Palangka Raya (ANTARA) - Anggota Komisi B DPRD Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah, Noorkhalis Ridha menyatakan bahwa akses infrastruktur jalan yang memadai, sangat penting dalam menunjang mutu pendidikan lebih berkualitas.

Kondisi infrastruktur jalan yang perlu mendapatkan perhatian adalah menuju kampus Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Palangka Raya di Jalan Tampung Penyang, kata Ridha di Palangka Raya, kemarin.

"Bagaimana tidak, apabila ingin melewati jalan tersebut pengendara akan melewati berbagai rintangan. Sehari harinya, mahasiswa melewati jalan yang termakan pasir, berlubang, dan bergelombang," ucapnya.

Legislator Palangka Raya itu pun menyebut bahwa kondisi tersebut tentu menjadi kendala, seperti rawan terjadi kecelakaan hingga membuat ban kendaraan rusak, bagi bagi mahasiswa untuk berangkat ke kampus IAKN.

Dirinya meinta Pemerintah Kota Palangka Raya melalui instansi terkait harus segera menindaklanjuti untuk memperbaiki akses jalan menuju kampus IAKN Palangka Raya tersebut.

"Perlu diingat, kampus merupakan salah satu simbol pendidikan di Kota Palangka Raya," kata Ridha.

Menurut dirinya, kondisi jalan tersebut harus segera menjadi perhatian pemerintah, sebab setiap kampus sering mendatangkan tokoh-tokoh inspiratif untuk mengisi kegiatan ataupun seminar nasional.

Dengan kondisi jalan yang rusak tersebut, tentunya akan membuat kesan buruk bagi para tokoh yang melihat secara langsung dan merasakan medan yang harus dilalui. 

"Nantinya justru para tokoh ini menjadi kurang bersemangat untuk datang ke kampus itu karena akses yang cukup sulit," ujarnya.

Baca juga: Diskominfo Palangka Raya terus perkuat penyusunan data geospasial

Lebih lanjut politisi dari PAN ini mengatakan, bahwa keluhan dan aspirasi terkait kondisi jalan tersebut tidak hanya diungkapkan oleh mahasiswa IAKN saja.

Tak jarang pada saat pihaknya melakukan reses atau peninjauan ke lapangan, warga di Jalan Tampung Penyang, Kecamatan Menteng, Kota Palangka Raya kerap mengeluhkan jalan yang belum mendapatkan perbaikan.

"Kami sudah berulang kali menyampaikan dan mengusulkan perbaikan di jalan tersebut. Namun hingga saat ini masih belum ada tanda-tanda terealisasi. Jadi tolong pemerintah segera memperbaiki akses jalan rusak tersebut," demikian Ridha.

Baca juga: Swiss-Belhotel Danum Palangka Raya ajak wisatawan eksplorasi Taman Nasional Sebangau

Baca juga: Kantor Pertanahan Palangka Raya resmi implementasikan layanan sertipikat elektronik

Baca juga: Tim voli putri Palangka Raya masuk final Selekda Pra Popnas Kalteng 2024

Pewarta : Rajib Rizali
Uploader : Admin 3
Copyright © ANTARA 2024