Kasongan, Katingan (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Katingan, Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) terus berupaya melestarikan dan mengenalkan berbagai seni, budaya dan kearifan lokal kepada masyarakat dan generasi muda melalui lomba pawai budaya.

"Lomba Pawai Budaya ini bertujuan untuk memperkenalkan budaya dengan kearifan lokal sebagai identitas dan kebanggaan tersendiri bagi masyarakat," kata Pj Bupati Katingan, Saiful di Kasongan, Kamis.

Dia menambahkan, pawai ini juga merupakan kebersamaan Pemerintah Daerah dengan masyarakat untuk meningkatkan, memelihara, menjaga dan melestarikan nilai-nilai pemajuan kebudayaan yang tertuang dalam undang-undang nomor 5 tahun 2017 tentang pemajuan kebudayaan.

Lomba Pawai Budaya ini diikuti 32 peserta terdiri dari tingkat Organisasi Perangkat Daerah Lingkup Pemerintah Kabupaten Katingan, Tingkat Sekolah dan Tingkat Umum.

"Banyak hal yang telah kita upayakan bersama, meskipun kita sadari juga mungkin banyak terdapat kendala-kendala yang kita hadapi dan tidak memenuhi harapan yang semestinya,"ucapnya.

Dia bahwa event kebersamaan ini merupakan rangkaian kegiatan dari Festival Budaya Penyang Hinje Simpei yang merupakan agenda tahunan Pemerintah Daerah dalam rangka memperingati Hari Jadi ke-22 Kabupaten Katingan. Melalui motto falsafah “Huma Betang” dan dalam bingkai “Negara Kesatuan Republik Indonesia”.

"Tentunya harapan kita bersama bahwa rangkaian acara ini dapat terlaksana dengan baik, tertib, aman dan lancar," pungkasnya.

Baca juga: Penjabat Bupati Katingan lantik 11 pejabat eselon II

Kepala Dinas Kebudayaan Kepemudaan dan Olahraga serta Pariwisata (Disbudporapar) Kabupaten Katingan Kalpin melaporkan, adapun pawai tersebut bertema Katingan Berkarya, Maju Bersama.

"Tujuan kegiatan untuk meningkatkan kerjasama dan kebersamaan dalam rangka melestarikan serta menumbuhkembangkan seni dan budaya serta memperkenalkan kearifan budaya lokal," katanya.

Kemudian juga dapat mengaktualisasikan adat budaya daerah sebagai sarana potensi promosi budaya dan pariwisata Kabupaten Katingan.

"Pemenang juara 1,2 dan 3 nantinya akan mendapat piala penghargaan dan uang pembinaan," katanya.

Baca juga: Pemkab Katingan gelar Festival Penyang Hinje Simpei dan pameran

Hasil dari Lomba tingkat OPD lingkup Pemerintah Kabupaten Katingan, sebagai Juara I dimenangkan oleh Setwan DPRD Katingan, Juara II Kecamatan Katingan Hilir dan Juara III Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Katingan.

Lomba tingkat Sekolah, Juara I SMPN-1 Katingan Hilir, Juara II SMAN-1 Katingan Hilir dan Juara III SMA Muhammadiyah. Sementara lomba tingkat umum, sebagai Juara I dari Dusmala Katingan, Juara II DWP Katingan dan Juara III Pata Bajaya Katingan.

Baca juga: Sekda Katingan instruksikan SOPD lebih kreatif gali sumber PAD

Baca juga: Pemkab Katingan tingkatkan kesiapan hadapi ancaman karhutla

Baca juga: Pemkab Katingan petakan strategi pengarusutamaan gender

Pewarta : Naslee/Rendhik Andika
Uploader : Admin 3
Copyright © ANTARA 2024