Sampit (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) mengirimkan 50 peserta untuk mengikuti Festival Seni Qasidah (FSQ) XI Tingkat Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) yang digelar pada 2-7 Agustus di Asrama Haji Al Mabrur Palangka Raya.

“Selamat berlomba bagi duta perwakilan Kotim, bagi yang pernah berprestasi sebagai juara, hendaknya dapat mempertahankan, bahkan meningkatkan prestasi yang pernah diraih sebelumnya,” kata Asisten III Bidang Administrasi Umum Setda Kotim Muhammad Saleh di Sampit, Kamis.

Pelepasan kafilah Kotim mengikuti FSQ XI Kalteng dilaksanakan di rumah jabatan Bupati Kotim. Saleh mewakili Bupati Kotim untuk memimpin acara pelepasan bersama Forkopimda setempat.

Saleh menuturkan, FSQ merupakan seni media yang diharapkan memiliki dampak luas untuk terus mensyiarkan nilai-nilai Islam. Pemkab Kotim bersyukur dan bangga bisa menjadi bagian untuk menyemarakkan syiar Islam di Bumi Tambun Bungai.

Berbagai macam budaya merupakan karunia yang hanya ada di Indonesia, salah satunya adalah seni qasidah yang merupakan seni budaya di negeri ini sebagai media untuk menyampaikan pesan-pesan dakwah.

“Untuk itu, saya berpesan kepada seluruh para kafilah, agar tidak lupa dengan tujuan utama mengikuti ajang FSQ ini, yakni menyemarakkan syiar Islam dalam rangka menunjukan keimanan kepada Allah SWT, serta kecintaan kepada Rasulullah SAW,” tuturnya.



Saleh pun menyampaikan sejumlah wejangan bagi kafilah Kotim yang akan bertanding di Ibu Kota Provinsi Kalteng, yaitu selalu menjaga stamina kondisi kesehatan. 

Istirahat yang cukup serta senantiasa berlatih sesuai dengan cabang yang diikuti agar tampil dengan prima dan maksimal di saat perlombaan nantinya.  

Ia juga berharap dengan berbagai upaya yang sudah dilakukan dan latihan yang sungguh-sungguh, Kafilah Kotim bisa meningkatkan prestasi maksimal dan menjadi yang terbaik sehingga nantinya dapat mewakili Kalteng di tingkat nasional.

Tak lupa ia menyampaikan terima kasih kepada seluruh pelatih dan official yang dengan sungguh - sungguh telah mempersiapkan para peserta lomba untuk mengikuti FSQ XI Kalteng. 

Dia mengapresiasi pengurus DPD Lembaga Seni Qasidah Indonesia (Lasqi) Nusantara Jaya Kotim karena dengan bantuan dan dukungannya sehingga mempersiapkan peserta lomba melalui pemusatan latihan.

“Meskipun latihannya singkat, tetapi yang dipentingkan adalah bobot dan kualitas waktunya. Semoga dengan bekal selama pemusatan latihan tersebut dapat mengantarkan peserta menjadi yang terbaik dalam kegiatan nanti,” demikian Saleh.

Baca juga: Pemkab Kotim janjikan segera tindak lanjuti aspirasi masyarakat

Sementara itu, Ketua Lasqi Kotim Muhammad Fauzi menyebutkan bahwa anggota Kafilah Kotim yang mengikuti FSQ XI Kalteng merupakan para juara pada FSQ yang dilaksanakan bersamaan dengan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke 55 Tingkat Kabupaten Kotim pada pertengahan Juli 2024.

“Jadi mereka ini merupakan orang-orang terpilih yang memang memiliki prestasi di bidangnya dan kita harapkan dapat membawa harum nama Kotim di tingkat provinsi, bahkan hingga tingkat nasional,” ucapnya.

Dalam ajang kali ini Kafilah Kotim akan mengikuti cabang lomba, antara lain bintang vokalis gambus golongan anak-anak, remaja dan dewasa putra-putri, selanjutnya bintang vokalis pop religi golongan anak-anak, remaja dan dewasa putra-putri dan cabang qasidah klasik atau rebana putra dan putri.

Kesempatan tersebut ia juga menyampaikan, Lasqi Nusantara Jaya telah meraih sejumlah prestasi pada 2023 lalu, bak di tingkat provinsi maupun nasional. 

Prestasi yang diraih pada tingkat provinsi di antaranya, Juara I Bintang Vokalis Pop Religi Dewasa Putri, Juara I Bintang Vokalis Gambus Remaja Putra.

Selanjutnya, Juara III Bintang Vokalis Gambus Dewasa Putri dan Juara III Bintang Vokalis Gambus Anak-anak Putra. 

Untuk tingkat nasional adalah Juara II Rebana Klasik Dewasa Putri. Sehingga, ia pun berharap prestasi yang diraih Kafilah Kotim tahun ini bisa ditingkatkan lebih baik lagi.

Baca juga: Tim Trantibum Kotim tertibkan reklame tidak berizin

Baca juga: Bisnis sarang walet di Kotim sedang lesu

Baca juga: Persiapan HNR Exhibition sudah 80 persen, dipastikan gratis

Pewarta : Devita Maulina
Uploader : Admin 2
Copyright © ANTARA 2024