Kuala Kurun (ANTARA) -
Pemerintah Kabupaten Gunung Mas, Kalimantan Tengah menyambut baik pelaksanaan lomba lari 5K yang dilaksanakan Karang Taruna kabupaten setempat dalam rangka menyambut HUT ke-79 Republik Indonesia.
 
Mengingat besarnya manfaat dari pelaksanaan lomba lari 5K, diharap kegiatan seperti ini bisa kembali dilaksanakan di Gumas, kata Penjabat Bupati Herson B Aden melalui Sekda Richard di Kuala Kurun, Jumat.
 
“Lomba ini diharap dapat menggelorakan semangat berolahraga supaya badan sehat, sekaligus sebagai wadah bagi masyarakat khususnya generasi muda untuk menyalurkan bakat yang mereka miliki,” sambungnya.
 
Lomba ini sekaligus menjadi ajang untuk mempererat tali silaturahmi pecinta olahraga lari, baik itu yang berasal dari kabupaten bermoto ‘Habangkalan Penyang Karuhei Tatau’ maupun daerah lain.
 
Di sisi lain, keikutsertaan atlet dari daerah lain diyakini akan membawa dampak positif. Sebab mereka nantinya akan menceritakan pengalaman selama mengikuti lomba di Kuala Kurun.
 
“Apalagi lomba lari yang dipusatkan di Taman Kota Kuala Kurun ini juga diwarnai dengan bazar UMKM. Mereka juga ikut ‘kecipratan’ dengan hadirnya para peserta lomba,” kata Richard.

Baca juga: Pelaku penembakan di PT BMB site Manuhing Gumas ditangkap polisi
 
Sementara itu, ketua pelaksana lomba Binartha menyampaikan lomba dibagi menjadi dua kategori yakni pelajar dan umum. Secara keseluruhan peserta berjumlah 300 orang lebih, yang berasal dari Gumas maupun kabupaten/kota di Kalteng.
 
“Lomba lari 5K tingkat pelajar dan umum baru pertama kali dilaksanakan di Gumas. Semoga ke depan lomba ini dapat diselenggarakan lagi di kabupaten yang kita cintai,” beber Richard.
 
Adapun pemenang kategori umum putra sebagai juara 1 adalah Melky Shara Simon Pananto, juara 2 Saifullah, dan juara 3 Mursid. Pemenang kategori umum putri sebagai juara 1 adalah Rita Purnama Sari, juara 2 Sindi Apriliani, dan juara 3 Rossa Amelia.
 
Sedangkan pemenang kategori pelajar putra sebagai juara 1 adalah Aldiansyah, juara 2 Malik Aziz, dan juara 3 Nasrudin. Pemenang kategori pelajar putri sebagai juara 1 adalah Natalia, juara 2 Eunike Viona, dan juara 3 Istiqomah.
 
Lainnya, juara 1 umum putra lomba lari 5K, Melky Shara Simon Pananto mengakui bahwa rute lomba di Kuala Kurun sangat menantang, karena terdiri dari tanjakan, turunan, dan juga trek lurus.
 
Pemuda berusia 19 tahun yang berasal dari Barito Timur ini menyebut, rute lomba seperti di Kuala Kurun terbilang jarang, sehingga menjadi daya tarik tersendiri bagi pecinta olahraga lari.
 
“Saya sudah beberapa kali mengikuti lomba lari di berbagai daerah. Trek lari di Kuala Kurun ini jarang, yang hampir mirip adalah trek lari di Kabupaten Balangan Kalimantan Selatan,” demikian Melky.

Baca juga: Bapenda Gumas gencar sosialisasikan kenaikan pajak sarang burung walet

Baca juga: Petani di Gunung Mas dilatih gunakan herbisida secara aman

Baca juga: Ketua DPRD Gumas dukung RSUD Kuala Kurun bangun Zona Integritas

Pewarta : Chandra
Editor : Muhammad Arif Hidayat
Copyright © ANTARA 2024