Pangkalan Bun (ANTARA) - Sekretaris Daerah Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar), Kalimantan Tengah, Rody Iskandar meyakini bahwa seluruh pemuda yang tergabung dalam Pramuka, mampu menjadi aktor penggerak sekaligus pilar kekuatan negara dalam mewujudkan Indonesia Emas pada tahun 2045.

Keyakinan itu karena Gerakan Pramuka telah menunjukkan eksistensinya dalam mempersiapkan generasi muda, kata Rody Iskandar saat memimpin upacara peringatan Hari Pramuka ke-63 tahun 2024 sekaligus penutupan Perkemahan Antar Satuan Karya (Peransaka) di Pangkalan Bun, Rabu.

"Bahkan selalu menjadi garda terdepan untuk membentuk anggota Pramuka yang berjiwa Pancasila serta menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia, sebagaimana yang telah ditegaskan pada tema Hari Pramuka kali ini," tambahnya.

Dia menyampaikan, sebagai organisasi pendidikan non-formal, Gerakan Pramuka tidak hanya berfokus pada pembentukan karakter, tetapi juga berperan aktif dalam berbagai bidang, termasuk pengabdian kepada masyarakat.

"Gerakan Pramuka terus melakukan transformasi kurikulum agar dapat beradaptasi dengan kebutuhan zaman saat ini dan masa yang akan datang," kata Rody Iskandar.

Baca juga: Inovasi Budi Santosa pimpin Pemkab Kobar lahirkan banyak penghargaan

Dia menambahkan pada Peringatan Hari Pramuka di Kabupaten Kobar kali ini diharapkan dapat meningkatkan semangat dan komitmen para anggota Pramuka, khususnya dalam menjaga persatuan dan kesatuan bangsa, serta mempersiapkan generasi muda yang berjiwa Pancasila dan berkarakter kuat.

"Jadi, saya mengajak kita semua untuk bersama-sama mendukung dan membantu Gerakan Pramuka agar semakin kuat dalam mewujudkan Indonesia Emas," demikian Rody Iskandar.

Baca juga: Kobar buktikan komitmen sebagai pelopor gerakan pelestarian lingkungan

Baca juga: Pemkab Kobar raih UHC award 2024 kategori Madya

Baca juga: Damkar Kobar keluhkan kerumunan warga hambat kerja petugas

Pewarta : Safitri RA
Uploader : Admin 3
Copyright © ANTARA 2024