Palangka Raya (ANTARA) - Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Palangka Raya, Provinsi Kalimantan Tengah Joko Anggoro mengatakan, dua bakal pasangan calon (Bapaslon) peserta pemilihan wali kota dan wakil wali kota setempat telah menyelesaikan tahapan tes atau pemeriksaan kesehatan.

"Kemarin pasangan Fairi Naparin-Achmad Zaini telah menyelesaikan tes kesehatan. Sementara untuk pasangan Rojikinnor-Vina Panduwinata pemeriksaan dilaksanakan kemarin dan selesai hari ini," kata Joko di Palangka Raya, Sabtu.

Ditemui disela pemantauan pemeriksaan kesehatan bapaslon di di RSUD Dr Doris Sylvanus Palangka Raya, Joko menerangkan, seluruh proses dan tahapan pemeriksaan kesehatan yang dilaksanakan berjalan lancar.

"Berdasar pemantauan kami dan laporan tim seluruh proses pemeriksaan tidak mengalami kendala. Hanya saja harus mengantre karena sebagian besar bapaslon peserta di Kalteng, pemeriksaan kesehatannya dilakukan di sini," katanya.

Pemeriksaan kesehatan merupakan salah satu tahapan penting dalam proses pemilihan kepala daerah. Hal ini bertujuan untuk memastikan bahwa para calon memiliki kondisi kesehatan yang memadai untuk menjalankan tugas sebagai pemimpin daerah.

KPU Palangka Raya terus memantau proses pemeriksaan kesehatan ini untuk memastikan kelancaran dan transparansi. Pihak KPU juga memastikan bahwa semua Paslon mendapatkan layanan yang sama dan adil.

Joko mengatakan, hasil pemeriksaan kedua pasangan bakal calon peserta Pilkada Kota Palangka Raya dijadwalkan disampaikan tim pemeriksa ke KPU pada Rabu (4/9). Di mana petugas pemeriksaan di RSUD setempat ada 55 petugas . Terdiri dari 44 petugas dari RSUD Dr Doris Sylvanus dan 11 lainnya dari BNN Provinsi Kalteng yang khusus memeriksa terkait tes narkotika.

Ia mengatakan, banyak tahapan pemeriksaan mulai pagi hingga malam hari mulai dari USG abdomen, foto thorax, mata, THT, gigi, psikotes hingga MRI.

"Pemeriksaan kesehatan dilakukan jadi dari ujung rambut sampai ujung kaki. Termasuk juga tes kejiwaan," katanya.

Baca juga: Ketersediaan bahan pangan di Palangka Raya aman meski musim kemarau

Sementara itu, Pada Pilkada Serentak Kota Palangka Raya, pasangan Rojikinnor-Vina didukung empat partai politik dengan total suara di DPRD 6 kursi dari total 30 kursi.

Pasangan Rojikinnor dan Vina Panduwinata yang menjadi pasangan pertama yang mendaftar ini diusung oleh Partai Amanat Nasional, PDI Perjuangan, Partai Garuda dan Partai Kebangkitan Nusantara.

Kemudian, untuk pasangan Fairid Naparin-Achmad Zaini didukung 14 partai politik dengan perolehan suara di DPRD sebanyak 24 kursi dari total 30 kursi.

Partai pendukung pasangan petahana ini adalah Golkar, PSI, Perindo, NasDem, Demokrat, PKS, Hanura, Gerindra, PKB, PBB, Partai Ummat, Partai Buruh, PPP dan Partai Gelora.

Baca juga: Pasangan bacalon wali kota-wakil wali kota Palangka Raya ikuti pemeriksaan kesehatan

Baca juga: Ruhut: Tindak tegas kader PDIP yang membelot di Pilkada 2024

Baca juga: Legislator minta sekolah di Palangka Raya mendata jajanan pedagang

Pewarta : Rendhik Andika
Uploader : Admin 3
Copyright © ANTARA 2024