Buntok (ANTARA) - Sebanyak 103 peserta membuka stan mereka untuk turut Barsel Expo 2024 yang digelar di Stadion Batuah Buntok, Kabupaten Barito Selatan, Kalimantan Tengah, dalam rangka memeriahkan HUT ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia dan Hari Jadi ke-65 Kabupaten setempat.

Kegiatan ini bertujuan untuk menginformasikan berbagai kegiatan kepada masyarakat di bidang pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan, kata Penjabat Bupati Barito Selatan, Deddy Winarwan di Buntok, Minggu.

"Barsel Expo ini juga sebagai wahana promosi terhadap produk-produk yang dihasilkan usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) di Barito Selatan ini," katanya.

Melalui kegiatan ini, seluruh kegiatan pembangunan, potensi daerah serta peningkatan maupun pemberdayaan produk daerah dapat disosialisasikan kepada masyarakat secara luas.

Tujuan lainnya juga untuk mempromosikan potensi pada bidang seni serta kebudayaan. Dalam kegiatan Barsel Expo ini pemerintah daerah juga melaksanakan kegiatan Festival Dahani Dahanai.

Ia berharap, kegiatan festival ini dapat menjadi sarana untuk membangun animo generasi muda dalam menggali dan mengenali serta memahami nilai-nilai budaya tradisi yang sarat dengan kearifan dan tata nilai yang khas tersebut.

Selain itu ia juga menyampaikan, tim seni budaya Barito Selatan bersama Sanggar Ranu Mareh telah dinobatkan sebagai Absolute World Champion of Folklore tahun 2024 dan sekaligus menjadi juara dunia dalam World Championship of Folklore XIV di Bulgaria.

Dikatakannya, prestasi membanggakan yang telah diraih tersebut merupakan tingkatan tertinggi dalam hierarki sistem kejuaraan asosiasi Festival Cerita Rakyat Eropa atau EAFF dan Asosiasi Festival Cerita Rakyat pada kejuaraan dunia edisi ke-14 dengan tema rakyat dunia yang diselenggarakan Euro Folk Academy.

Baca juga: Penjabat Bupati: Seni budaya Barsel merupakan aset investasi bernilai tinggi

Oleh karena itu, melalui momentum Festival Dahani Dahanai 2024 ini, Deddy mengajak kepada semua untuk menjadikan festival yang memiliki nilai pelestarian budaya itu ditransformasikan menjadi "economic values" yang nantinya mampu menyejahterakan masyarakat.

Selain itu ia juga menyampaikan, untuk tema hari jadi ke-65 kabupaten ini yakni berkarya mewujudkan Barito Selatan yang maju dan sejahtera.

Menurut dia, tema ini mengisyaratkan bagaimana untuk bersama-sama berkarya dan bergotong royong untuk memajukan Barito Selatan yang kita cintai ini agar menjadi kabupaten maju dan sejahtera kedepannya.

Sementara Ketua Panitia Barsel Expo 2024, Rahmat Nuryadin mengatakan, sebanyak 103 stan pada Barsel Expo 2024 ini diisi organisasi perangkat daerah (OPD), instansi vertikal lingkup Kabupaten Barito Selatan.

Selain itu juga ada bank daerah, BPJS, perusahaan swasta nasional dan UMKM serta pedagang kreatif lapangan, baik lokal maupun dari luar Kabupaten Barito Selatan.

Kegiatan yang dilaksanakan selama tujuh hari dari 15-21 September 2024 itu diisi dengan pameran Barsel Expo, Festival Dahani Dahanai lomba senam dan memasak, serta pemilihan putra dan putri pariwisata.

"Pada malam pembukaan dan penutupan Barsel Expo ini akan diisi juga dengan kegiatan hiburan rakyat," terangnya.

Untuk malam pembukaan, hiburan rakyat dengan menghadirkan Ridho Rhoma dan pada malam penutupan, Hijau Daun Band dan sejumlah artis lainnya.

Baca juga: Penampilan Ridho Rhoma memukau ribuan penonton di Barito Selatan

Baca juga: Pemkab Barsel gelar lomba sepeda hias beregu meriahkan HUT kabupaten

Baca juga: 700 peserta meriahkan lomba memancing di Barito Selatan


Pewarta : Bayu Ilmiawan
Uploader : Admin 2
Copyright © ANTARA 2024