Pangkalan Bun (ANTARA) - Polres Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar), Kalimantan Tengah melaksanakan pengamanan pada pelaksanaan Rapat Pleno Terbuka Pengundian dan Penetapan Nomor Urut pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Kobar.

"Pada pengamanan ini kita menurunkan sebanyak 200 personel gabungan yang terdiri dari 100 anggota kita dan sisanya merupakan gabungan dari TNI AD, AU, dan AL," kata AKBP Yusfandi Usman di Pangkalan Bun, Senin.

Yusfandi mengatakan, 200 personel tersebut terbagi di beberapa titik lokasi, mulai dari pintu masuk dan juga pintu keluar di halaman kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kobar.

"Semuanya sudah kita bagi di beberapa titik, guna memastikan kegiatan tersebut berjalan dengan lancar," ucapnya.

Untuk memastikan pengamanan berjalan efektif Polres Kobar menyiapkan langkah-langkah preventif, salah satunya yaitu membagi titik kumpul pendukung pasangan calon menjadi dua bagian dan memasang barikade atau barrier di sejumlah titik strategis untuk mencegah gesekan antar pendukung paslon.

Sementara itu, Kabag Ops Polres Kobar Kompol Rendra Aditia Dhani menyampaikan, langkah-langkah tersebut diambil untuk memastikan situasi tetap terkendali selama proses pencabutan nomor urut hingga tahapan berikutnya.

Baca juga: DP3AP2KB Kobar bentuk tim monitoring pelaksanaan KB serentak

"Pengamanan ekstra ini sangat penting, mengingat tensi yang biasanya meningkat selama proses pencabutan nomor urut, yang menjadi salah satu momen krusial dalam tahapan Pilkada," ucapnya.

Dia mengungkapkan, bahwa hingga saat ini situasi di Kabupaten Kobar masih sangat kondusif, menunjukkan kematangan demokrasi di kalangan masyarakat setempat.

"Di harapkan kondisi keamanan yang terjaga ini dapat terus dipertahankan hingga seluruh tahapan Pilkada selesai, saya menghimbau kepada masyarakat untuk bersama-sama menjaga kedamaian dan tidak mudah terprovokasi oleh isu-isu yang dapat memecah belah persatuan," ungkapnya.

Pada pelaksanaan tersebut beberapa tahapan pengambilan undian nomer urut oleh kedua pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati telah di laksanakan.

Serta KPU Kabupaten Kobar telah menetapkan nomer urut pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Kotawaringin Barat yaitu pasangan Rahmat Hidayat -Eko Sumarno menempati nomer urut 1, sedangkan untuk pasangan calon Nurhidayah - Suyanto menempati nomer urut 2.

Kegiatan tersebut berjalan baik, aman, damai dan lancar, para pendukung masing masing calon mengikuti prosedur yang berlaku, serta menjaga situasi tetap kondusif.

Baca juga: Pantau operasional perkebunan, PT Astra Agro luncurkan drone monitoring system

Baca juga: Dispar terus motivasi warga jaga sanitasi dan kebersihan objek wisata di Kobar

Baca juga: Peduli lingkungan, GAPKI tanam mangrove tahap III di Kobar


Pewarta : Safitri RA 
Uploader : Admin 2
Copyright © ANTARA 2024