Palangka Raya (ANTARA) -
Ketua Sementara DPRD Palangka Raya, Kalimantan Tengah, Khemal Nasery meminta seluruh masyarakat agar dapat menerapkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.
 
"Alhamdulillah, dengan adanya Pancasila, Negara Kesatuan Republik Indonesia masih berdiri tegak, meskipun menghadapi berbagai macam ujian, baik yang datang dari dalam negeri maupun luar negeri," katanya usai mengikuti upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila, Selasa.
 
Dirinya menjelaskan, Pancasila merupakan fondasi kuat yang mempersatukan seluruh masyarakat Indonesia, terlepas dari perbedaan suku, agama, ras, dan antar golongan.
 
Untuk itu dirinya juga mengingatkan, Pancasila bukan sekadar simbol atau lambang, melainkan sebuah falsafah hidup yang mendalam. Maka sudah menjadi suatu keharusan nilai-nilai luhur yang terkandung dalam Pancasila, diimplementasikan dalam setiap aspek kehidupan.
 
"Pancasila mengandung falsafah yang sangat luas, yang menyangkut keragaman, bagaimana kita meningkatkan persatuan dan saling menghormati," ucapnya.

Baca juga: Tim Bidlafor olah TKP kebakaran Gereja Maranatha
 
Khemal menambahkan, penerapan nilai-nilai Pancasila akan menciptakan masyarakat yang harmonis, toleran, dan saling menghargai.
 
Bahkan, Pancasila merupakan senjata ampuh untuk melawan berbagai ancaman yang dihadapi bangsa Indonesia, seperti radikalisme, intoleransi, dan korupsi.
 
"Dengan menerapkan nilai-nilai Pancasila, kita dapat membangun bangsa yang kuat, adil, dan sejahtera," ujarnya.
 
Untuk itu politisi partai Golkar ini mengajak seluruh masyarakat untuk bersama-sama menjaga dan melestarikan nilai-nilai luhur Pancasila, serta menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.
 
Dirinya menilai, Pancasila merupakan pedoman hidup yang sangat penting bagi umat beragama. Pancasila juga selaras dengan ajaran agama, yang mengajarkan tentang persatuan, toleransi, dan kasih sayang.
 
"Pancasila mengajarkan kita untuk hidup rukun dan damai, tanpa memandang perbedaan suku, agama, ras, dan antar golongan," demikian Khemal.

Baca juga: 15 Warga Binaan Lapas Sampit dipindahkan ke Lapas Palangka Raya

Baca juga: Sambut Oktober, Neo Palma sajikan Pais Ikan Resep Tambi hingga 'Mexican Barbequ'

Baca juga: Swiss-Belhotel Danum Palangka Raya komitmen selalu berikan layanan kelas dunia

Pewarta : Rajib Rizali
Editor : Muhammad Arif Hidayat
Copyright © ANTARA 2024