Tamiang Layang (ANTARA) - Komandan Kodim 1012/Buntok, Letkol Inf. Langgeng Pujut Santoso menyatakan bahwa pihaknya kembali melaksanakan program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-122 di Desa Jaar- Magantis, Kecamatan Dusun Timur, Kabupaten Barito Timur, Kalimantan Tengah

"Waktu pengerjaannya selama tiga puluh hari sejak tanggal 2 hingga 31 Oktober 2024," kata Langgeng di Tamiang Layang, Rabu.

Menurutnya, dalam TMMD ke-112 dilaksanakan pekerjaan fisik dan non fisik, sasaran pokok yang dilaksanakan berupa galian untuk selokan drainase dan saluran air sepanjang 4.000 meter, dengan lebar satu meter dan tinggi satu meter.

Selain itu, ada pekerjaan pembuatan gorong-gorong pipa beton bertulang dengan diameter 80 cm, dengan panjang satu meter sebanyak enam titik.

"Selanjutnya, pekerjaan tanah dan geosintetik, yang terdiri dari timbunan biasa panjang 20,00 meter, lebar 6,00 meter dan tebal 0,51 meter," kata Langgeng.

Dirinya juga menyebut bahwa terdapat sasaran tambahan berupa pembuatan sumur bor 2 titik, ketahanan pangan kurang lebih dua hektare, dan rehab rumah tidak layak huni satu unit.

"Ada juga bersatu dengan alam penanaman pohon 200 hektare, dan rehab rumah ibadah atau mushola 1 unit," kata Dandim Buntok ini.

Sementara untuk sasaran non-fisik, lanjut dia, meliputi pelayanan kesehatan dan pengobatan massal, penyuluhan bela negara dan wawasan kebangsaan, penyuluhan kesehatan, penyuluhan pertanian, penyuluhan hukum dan kamtibmas, serta penyuluhan bahaya narkoba.

Kemudian untuk penyuluhan penggunaan medsos dan UU ITE, penyuluhan judi online, penyuluhan bahaya teroris dan paham radikal, penyuluhan atau sosialisasi tentang stunting.

"Termasuk penyuluhan atau pembekalan terhadap posyandu dan posbindu tentang penyakit tidak menular, serta matematika nik gasing," demikian Dandim.

Baca juga: Pemkab Bartim berikan bantuan sosial pendidikan kepada ratusan mahasiswa

Asisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan, Amrullah menyampaikan apresiasi dan ucapan terimakasih , bahwa TNI yang telah bekerjasama dengan pemerintah daerah mengadakan program TMMD di wilayah Kabupaten Barito Timur.

"Ini adalah bukti nyata kolaborasi yang kuat antara institusi pemerintah dan TNI dalam upaya membangun dan meningkatkan infrastruktur serta kesejahteraan di wilayah ini," kata Amrullah.

Menurutnya, TMMD ruas jalan Longkang- Magantis Tahun 2024 ini merupakan kelanjutan dari upaya bersama dalam mempercepat pembangunan di berbagai sektor.

Baca juga: Diperpanjang jabat Pj Bupati Bartim, ini pernyataan Indra Gunawan

Baca juga: Sekda Bartim luruskan kesalahpahaman penarikan mobil dinas penjabat bupati

Baca juga: Barito Timur panen perdana padi Inpari 32 perkuat ketahanan pangan daerah

Pewarta : Habibullah
Uploader : Admin 3
Copyright © ANTARA 2024