Puruk Cahu (ANTARA) - Dua pasangan calon di pemilihan kepala daerah Kabupaten Murung Raya, Kalimantan Tengah mengikuti debat terbuka pertama yang difasilitasi oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) kabupaten setempat yang dilaksanakan di GPU Tira Tangka Balang di Puruk Cahu, Kamis (17/10).

Debat terbuka yang dimulai pada pukul 09.00 WIB tersebut diikuti pasangan calon dari nomor urut 1, Heriyus-Rahmanto dan nomor urut 2 Nuryakin-Doni. Di mana debat tersebut turut hadir menyaksikan debat terbuka tersebut Penjabat Bupati Murung Raya Hermon, Ketua DPRD Murung Raya sementara Bebie unsur Forkopimda serta tim pemenangan dari kedua paslon dan tamu undangan lainnya.

Ketua KPU Murung Raya, Okto Dinata mengatakan debat yang dilakukan oleh KPU Kabupaten Murung Raya merupakan debat pertama yang dilaksanakan oleh semua KPU kabupaten di Provinsi Kalteng

"Debat terbuka ini dilakukan oleh KPU se-Kalteng di setiap daerah terhadap paslon Bupati dan Wakil Bupatinya masing -masing. Di Kalteng, Kabupaten Murung Raya yang paling pertama melaksanakan," beber Okto Dinata.

Dia menyebut debat terbuka ini merupakan salah satu tahapan kampanye yang difasilitasi oleh KPU. Untuk itu, dipersilahkan masing–masing paslon dari nomor urut satu dan dua untuk menyampaikan visi dan misinya secara maksimal Kepada Masyarakat Kabupaten Murung Raya.

"Setiap Kecamatan akan melakukan nonton bareng PPK untuk mengurangi masa yang berkumpul. Kita hanya ingin menjaga agar jelang debat berlangsung secara kondusif, tanpa mengurangi informasi yang disampaikan oleh kedua pasangan calon bupati dan wakil bupati," terangnya.

Baca juga: Bawaslu Murung Raya tangani tiga dugaan pelanggaran pilkada

Selain itu, ia juga mengucapkan terimakasih kepada seluruh stakeholder dan Pemerintah Daerah yang telah memberikan dukungan kepada KPU hingga kegiatan ini dapat berjalan dengan lancar.

Diketahui juga untuk debat publik yang kedua nantinya juga akan dilaksanakan ditempat yang sama pada 19 November 2024 mendatang.

Sementara itu acara debat terbuka ini ada tiga fanelis yang dihadirkan, yakni Dosen IAIN Palangka Raya Hakim Syah, Dosen Fakultas Hukum Universitas Palangka Raya Mutia Evi Kristhy dan Dosen Universitas Muhammadiyah Palangka Raya Sadar.

Untuk tema debat terbuka pertama yang terbagi dalam enam sesi itu dua pasangan calon saling beradu program serta gagasan tentang masalah pendidikan, kesehatan hingga infrastruktur di Kabupaten Murung Raya.

Baca juga: Pj Bupati Murung Raya ingatkan paslon selama kampanye harus adu ide dan gagasan

Baca juga: Paslon Pilkada Murung Raya harus komit laksanakan kampanye damai

Baca juga: Legislator Murung Raya ajak masyarakat cegah politik SARA

Pewarta : Supriadi
Uploader : Admin 3
Copyright © ANTARA 2024