Kuala Kurun (ANTARA) - Legislator Kabupaten Gunung Mas, Kalimantan Tengah Cici Susilawati menyambut baik keikutsertaan puluhan pemuda dan pemudi kabupaten setempat pada Hari Sumpah Pemuda (HSP) dan Ikrar Bersama Anak Bangsa (Ikbab) tingkat provinsi.

“Dengan mengikuti kegiatan tersebut, saya harap pemuda dan pemudi Gumas semakin memahami pentingnya persatuan dan kesatuan dalam menjaga keutuhan Indonesia,” ucapnya saat dihubungi dari Kuala Kurun, Minggu.

Hari Sumpah Pemuda diperingati setiap 28 Oktober, merujuk pada Kongres Pemuda II pada 27-28 Oktober 1928 dan menghasilkan sebuah ikrar Sumpah Pemuda.

Adapun ikrar pertama dari Sumpah Pemuda adalah "Kami putra dan putri Indonesia, mengaku bertumpah darah satu, tanah air Indonesia."

Ikrar kedua adalah "Kami putra dan putri Indonesia, berbangsa satu, bangsa Indonesia." Ikrar ketiga adalah "Kami putra dan putri Indonesia, menjunjung tinggi bahasa persatuan, bahasa Indonesia."

Dari peristiwa tersebut, Cici berharap pemuda dan pemudi Gumas benar-benar memahami pentingnya menjaga kebhinekaan, membangun semangat nasionalisme, serta memperkuat identitas bangsa melalui bahasa Indonesia.

Baca juga: Sejumlah bangunan di Gumas terbakar, kerugian diperkirakan capai miliaran rupiah

Lebih lanjut, politisi Partai Demokrat ini juga mengingatkan pemuda dan pemudi Gumas yang mengikuti HSP dan Ikbab Kalteng, agar menjaga nama baik daerah selama kegiatan berlangsung.

“Manfaatkan kegiatan tersebut untuk menambah ilmu pengetahuan, pengalaman, dan pertemanan,” kata wakil rakyat dari daerah pemilihan II, yang meliputi Kecamatan Rungan Hulu, Rungan, Rungan Barat, Manuhing, dan Manuhing Raya ini.

Sebelumnya, Pemerintah Kabupaten Gumas mengirim puluhan pemuda dan pemudi mengikuti HSP dan Ikbab tingkat provinsi di Palangka Raya, 26-29 Oktober 2024.

Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Gumas Sugiarto menyampaikan, kontingen terdiri dari 70 orang, dengan rincian panitia penyelenggara 10 orang, pendamping peserta lima orang, dan peserta 55 orang.

Ia menyebut, peserta merupakan pelajar tingkat SMA sederajat, dari berbagai sekolah yang tersebar di sejumlah kecamatan di kabupaten bermoto ‘Habangkalan Penyang Karuhei Tatau’.

“Nantinya peserta akan mengikuti berbagai rangkaian kegiatan, termasuk lomba. Semoga kita dapat meraih prestasi yang membanggakan selama mengikuti HSP dan Ikbab Kalteng,” demikian Sugiarto.

Baca juga: BKB diminta optimalkan alat permainan edukatif

Baca juga: Gumas kirim puluhan pemuda ikuti HSP dan Ikbab Kalteng

Baca juga: Turnamen PLTU Kalteng 1 Cup 2024 gelorakan semangat olahraga di Kalteng


Pewarta : Chandra
Uploader : Admin 2
Copyright © ANTARA 2024