Gumas kirim puluhan pemuda ikuti HSP dan Ikbab Kalteng

id pemkab gumas, hari sumpah pemuda, hsp dan ikbab kalteng, 28 oktober, kuala kurun, gunung mas

Gumas kirim puluhan pemuda ikuti HSP dan Ikbab Kalteng

Sekda Gumas Richard (kanan) menyalami para peserta HSP dan IKBAB dari kabupaten setempat, saat pemberangkatan peserta di Kuala Kurun, Jumat (25/10/2024). (ANTARA/Chandra)

Kuala Kurun (ANTARA) -
Pemerintah Kabupaten Gunung Mas, Kalimantan Tengah mengirim puluhan pemuda dan pemudi mengikuti Hari Sumpah Pemuda (HSP) dan Ikrar Bersama Anak Bangsa (Ikbab) tingkat provinsi di Palangka Raya, 26-29 Oktober 2024.
 
Penjabat Bupati Gumas Herson B Aden melalui Sekretaris Daerah Richard saat pemberangkatan kontingen di Kuala Kurun, Jumat, mengingatkan seluruh peserta agar mengikuti setiap rangkaian kegiatan yang akan dilaksanakan.
 
“Kepada seluruh peserta saya minta agar mengikuti setiap rangkaian kegiatan yang akan dilaksanakan, selalu jaga kesehatan, dan jaga nama baik Gumas,” sambungnya.
 
Ia berharap melalui kegiatan ini akan semakin tertanam rasa kebangsaan, memacu pertumbuhan dan perkembangan karakter, serta memperkokoh jati diri bangsa di dalam diri pemuda dan pemudi Gumas.
 
Selain itu, HSP dan IKBAB diharap dapat mendorong pemuda dan pemudi sebagai pelopor semangat kebangsaan dalam kebhinekaan, berpikir cerdas dan berprestasi, mempererat rasa kesatuan dan kebangsaan, serta memacu pemuda sebagai pelopor dalam menegakkan NKRI.

Baca juga: Kelompok BKB di Gumas dapat bantuan alat permainan edukatif dari BKKBN
 
HSP dan IKBAB diharap dapat membangun sikap nasionalisme, menumbuhkan rasa persatuan, menguatkan identitas bangsa melalui penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar, serta menginspirasi generasi muda untuk terus melanjutkan perjuangan untuk memajukan bangsa dan negara.
 
Sementara itu, Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Gumas Sugiarto menyampaikan, kontingen terdiri dari 70 orang, dengan rincian panitia penyelenggara 10 orang, pendamping peserta lima orang, dan peserta 55 orang.
 
Ia menyebut, peserta merupakan pelajar tingkat SMA sederajat, dari berbagai sekolah yang tersebar di sejumlah kecamatan di kabupaten bermoto ‘Habangakalan Penyang Karuhei Tatau’.
 
“Nantinya peserta akan mengikuti berbagai rangkaian kegiatan, termasuk lomba. Semoga kita dapat meraih prestasi yang membanggakan selama mengikuti HSP dan IKBAB Kalteng,” demikian Sugiarto.

Baca juga: Legislator Gumas: Peningkatan jalan lingkungan desa demi permudah anak-anak sekolah

Baca juga: DPRD Gumas sambut baik bantuan stimulan bagi lansia dan disabilitas

Baca juga: Legislator ajak pemilih pemula tonton debat paslon Pilkada Gumas