RSUD Jamin Kayani Pemilik Kartu Kalteng Barigas

id RSUD Jamin Kayani Pemilik Kartu Kalteng Barigas

Peluncuran kartu Kalteng Barigas mendapat sambutan positif dari Kabupaten/Kota yang menurut rencana akan diikuti pada 2014 dengan menganggarkan dari APBD masing-masing.
Palangka Raya, 26/5 (Antara) - Direktur RSUD Doris Silvanus Palangka Raya Suprastija Budi menjamin melayani pemilik kartu Kalteng Barigas yang dibagikan pemerintah provinsi kepada masyarakat kurang mampu di daerah tersebut.

"RSUD didukung berbagai fasilitas dan sumber daya manusia yang memadai sehingga tidak ada masalah pelayanan Kalteng Barigas. Jumlah dokter spesialis juga sudah banyak dan siap melayani pemilik kartu Kalteng Barigas," katanya di Palangka Raya, Minggu.

Pemerintah meluncurkan kartu jaminan kesehatan kepada masyarakat pada peringatan hari jadi ke-56 Provinsi Kalteng 2013. Tahap pertama dibagi 500 kartu kepada damang, mantir adat, tokoh agama, tokoh masyarakat petugas pemadam kebakaran, kader kesehatan maupun keluarga miskin yang belum tertampung di program Jamkesmas.

Dia mengatakan, masyarakat sudah dapat menggunakan kartu Kalteng Barigas mulai 1 Juni 2013 untuk memeriksa kesehatan tanpa dikenakan biaya apa pun. Budi menyatakan siap melayani masyarakat yang berobat dengan kartu Kalteng Barigas.

Kepala Dinas Kesehatan Rian Tangkudung mengatakan, peluncuran kartu Kalteng Barigas diberikan sesuai Undang-Undang (UU) No.40/2004 tentang sistem jaminan sosial nasional, UU No.24/2011 tentang badan penyelenggara jaminan sosial dan Peraturan Presiden No.12/2013.

Dia mengatakan, kartu yang mulai dapat digunakan pada 1 Juli 2013 dan berlaku selama lima tahun ke depan itu sebagai upaya mempercepat penerapan program universal coverage sebelum 1 Januari 2019 seperti ditargetkan Pemerintah Pusat.

Peluncuran kartu Kalteng Barigas mendapat sambutan positif dari Kabupaten/Kota yang menurut rencana akan diikuti pada 2014 dengan menganggarkan dari APBD masing-masing.

Tahap awal kartu Kalteng Barigas hanya dilaksanakan Pemprov karena itu merupakan gagasan Gubernur Teras Narang dan Wakil Gubernur Achmad Diran.

"Masyarakat tidak perlu khawatir karena semua akan mendapatkan kartu tersebut. Harapan kami tidak ada yang ganda, sudah menerima kartu jaminan kesehatan tapi juga kartu Kalteng Barigas," demikian Kepala Dinas Kesehatan Kalteng.



(T.KR-JWM/B/S019/S019)