Gitar Elektrik George Harrison Dilelang

id Gitar Elektrik George Harrison Dilelang, Harrison, McCartney,

 Gitar Elektrik George Harrison Dilelang

Replika anggota grup musik The Beatles di Museum The Beatles Story Liverpool, Inggris. Gerge Harrison adalah anggota band tersebut selain John Lennon, Paul McCartney, dan Ringo Starr. (ANTARA FOTO/Nyoman Budhiana) Ist

Jakarta (ANTARA News) - Gitar elektrik yang dimainkan oleh George Harrison untuk acara televisi bertema "invasi" The Beatles di Amerika Serikat dilelang di New York.

Seperti diberitakan Reuters, gitar Rickenbacker 425 tahun 1962 berwarna hitam dan putih itu diharapkan mencapai 400.000 dan 600.000 dolar Amerika Serikat saat lelang di Hard Rock Cafe pada 16-17 Mei mendatang.

Harrison, yang meninggal tahun 2001 pada usia 58 tahun, memainkan gitar tersebut pada tahun 1963 di acara "Ready Steady Go!" dan "Thank Your Lucky Stars". Mereka tampil beberapa bulan sebelum demam The Beatles akibat serangkaian acara di "The Ed Sullivan Show" tahun 1964.

Harrison membeli instrumen itu tahun 1963 di Mount Vernon, Illinois, dalam perjalanan mengunjungi saudarinya, menurut rumah lelang Beverly Hills, California. Gitar itu ia cat hitam-putih agar serasi dengan Rickenbacker milik Lennon.

Ia juga pernah menggunakannya saat The Beatles merekam "I Want To Hold Yout Hand" dan "This Boy". Harrison lalu memberikannya pada temannya, musisi George Peckham.

Selain gitar Harrison, sebuah kopi album "Beatles '65" yang ditandatangani Lennon, Harrison, Paul McCartney, dan Ringo Starr juga dilelang. Bass yang pernah disewa McCartney di pertengahan tahun 60an diharapkan mampu menembus angka 30.000 hingga 60.000.