Nyala Meteor Terangi Langit Malam New England

id Nyala Meteor, Terangi Langit Malam, New England, AS

Nyala Meteor Terangi Langit Malam New England

Ilustrasi - Hujan meteor Quadrantid tahunan di Qingdao, provinsi Shandong, China. (REUTERS/Stringer)

Jakarta (ANTARA News) - Nyala meteor menerangi langit malam New England, Amerika Serikat, dan bagian timur Kanada pada Selasa (17/5), membuat orang-orang, termasuk polisi, takjub dan sebagian mengabadikannya menggunakan kamera.

Cahaya terang melintas di langit tak lama setelah pukul 24:50 di negara bagian yang membentang dari Pennsylvania sampai Maine menurut American Meteor Society. Nyala meteor itu tertangkap beberapa kamera keamanan.

Sekitar 100 ton debu dan partikel seukuran pasir yang dikenal sebagai meteorit memasuki atmosfer Bumi setiap hari, meski kebanyakan terlalu kecil untuk diamati menurut Badan Aeronautika dan Antariksa Nasional Amerika Serikat (National Aeronautics and Space Administration/NASA).

Kepolisian Portland, Maine, mengunggah video yang menunjukkan rekaman meteor dari kamera yang ada di mobil patroli polisi. Salah satu polisi terdengar berteriak, "Oh, Tuhan!"

Peristiwa itu juga terekam di kamera keamanan bandara di Burlington, Vermont.

NASA memperkirakan rata-rata satu meteor seukuran satu mobil masuk ke atmosfer Bumi sekali setiap tahun, menghasilkan bola api impresif yang terbakar sebelum mencapai daratan, demikian seperti dilansir kantor berita Reuters.


Penerjemah: Maryati