Disdukcapil Barsel Kehabisan Blangko KTP-El ?

id barito selatan, Disdukcapil Barsel, Nyamei Tumbai, buntok, KT-El, blangko KTP-El

Disdukcapil Barsel Kehabisan Blangko KTP-El ?

Kepala Disdukcapil Barsel, Drs Nyamei Tumbai. (Foto Antara Kalteng/Bayu Ilmiawan)

Buntok (Antara Kalteng) - Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Barito Selatan, Kalimantan Tengah dilaporkan kehabisan blangko Kartu Tanda Penduduk Elektronik sehingga banyak E-KTP warga yang belum bisa dicetak.

"Untuk cetak KTP elektroniknya, masih belum bisa dilaksanakan, karena blangko KTP Elektronik (e-KTP) kosong lantaran gagal lelang di pusat pada 2016 lalu," kata kepala Disdukcapil Barsel Drs Nyamei Tumbai di Buntok, Jum`at.

Ia mengatakan, kemungkinan blangko e-KTP tersebut akan dikirim oleh pemerintah pusat pada April atau Mei 2017 mendatang.

"Jadi bagi warga wajib memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP) yang sudah dilakukan perekaman akan dikeluarkan surat keterangannnya," ucap Nyamei Tumbai.

Ia menyampaikan, surat keterangan yang dikeluarkan Disdukcapil tersebut, dapat digunakan sebagai syarat untuk memilih di Pilkada Barsel bagi mereka yang belum masuk dalam DPT.

Selain itu ia juga menyampaikan, untuk jumlah wajib KTP di Barsel ini kurang lebih 103 ribu jiwa dan yang sudah melakukan perekaman sebanyak 97 ribu jiwa atau 95 persen dari total wajib KTP.

"Kita akan terus melakukan perekaman dengan sistem jemput bola turun kelapangan apabila ada permintaan dari pihak pemerintahan desa," tambah dia.

Ia mengatakan, jumlah warga wajib memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP) di Barito Selatan akan terus mengalami penambahan seiring dengan bertambahnya usia penduduk.

Meskipun demikian lanjut dia, pihaknya telah mengimbau pemerintah desa menginventarisasi wajib KTP di wilayahnya masing-masing agar pihaknya bisa turun ke lapangan melakukan perekaman.