Legislator Dukung Pemda Bangunan Labkesda Baru

id DPRD Kotawaringin Timur, DPRD Kotim, Kotawaringin Timur, Kotim, Sampit, Rimbun

Legislator Dukung Pemda Bangunan Labkesda Baru

Ketua Komisi III DPRD Kotawaringin Timur, KalimantanTengah Rimbun

Sampit (Antara Kalteng) - Ketua Komisi III DPRD Kotawaringin Timur, KalimantanTengah Rimbun mendukung pemerintah daerah itu yang merencanakan pembangunan gedung baru untuk Laboratorium Kesehatan Daerah.

"Untuk dana telah kita sepakati di anggaran APBD Kotawaringin Timur 2017. Dan pelaksanaannya akan di lakukan tahun ini," katanya di Sampit, Minggu.

Rimbun mengatakan, pembangunan Labkesda tersebut merupakan kebutuhan yang mendesak karena bangunan lama sudah tidak mampu menampung banyak antrian atau terbatas sehingga perlu tempat yang lebih luas lagi.

Dengan dibangunnya gedung baru tersebut diharapkan pelayanan kesehatan terhadap masyarakat bisa lebih maksimal lagi.

Menurut Rimbun, selain untuk peningkatan pelayanan, pembangunan gedung baru jugadiharapkan dapat meningkatkan Pendapatan Asli Daera (PAD).

"Pada intinya kita ingin gedung baru itu untuk peningkatan pelayanan terhadap masyarakat, hal itu yang terpenting," katanya.

Rimbun mengatakan, untuk lokasi pembangunan gedung baru diserahkan ke pemerintah daerah.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kotawaringin Timur dr Faisal Novendra Cahyanto membenarkan rencana pembangunan gedung baru Labkesda tersebut.

"Mudah-mudahan tahun ini sudah bisa diputuskan dan pembangunannya dimulai di akhir tahun ini sehingga Kotawaringin Timur dapat mempunyai Labkesda terbesar di Kalimantan Tengah," terangnya.

Kotawaringin Timur sudah memiliki kantor Labkesda yang cukup representatif di Jalan Seribu Dahan. Namun, kini jumlah warga yang memanfaatkan layanan di Labkesda terus meningkat sehingga antrean sering sampai ke luar gedung.

Selain itu, kontribusi Labkesda terhadap pendapatan asli daerah juga terus meningkat. Tidak berlebihan pemerintah daerah akan membangun gedung baru yang lebih besar untuk Labkesda demi peningkatan layanan kepada masyarakat.

"Dulu pengunjungnya hanya dua sampai tiga orang, tapi sekarang rata-rata di atas 100 orang setiap hari. Empat tahun lalu, pendapatan Labkesda hanya sekitar Rp300 juta, namun sekarang sudah mencapai Rp2 miliar setiap tahun," terangnya.

Gedung baru Labkesda Kotawaringin Timur Rencananya akan di bangun di Jalan MT Haryono Sampit. Saat ini di lokasi itu ada sejumlah pertokoan dan rumah yang dihuni warga. Pemerintah melakukan upaya persuasif untuk meminta warga yang menempati lokasi Itu segera pindah karena lokasi itu merupakan aset daerah dan akan dimanfaatkan untuk Labkesda.

Dinas Kesehatan sudah membuat surat kepada seluruh penghuni rumah dinas. Penghuni rumah dinas yang tidak memilih hak menempati nama dinas tersebut minta segera mengosongkan bangunan karena akan dibangun baru kepala pemerintah daerah.