Hanya Rusliansyah-Rogas Lolos Verifikasi Faktual Dukungan Pilkada?

id rusliansyah-rogas, kpu palangka raya, verifikasi faktual

Hanya Rusliansyah-Rogas Lolos Verifikasi Faktual Dukungan Pilkada?

Pimpinan sidang Pleno KPU Kota Palangka Raya menyerahkan hasil verifikasi faktual dukungan kepada tiga paslon, Jumat (29/12/17). (Foto Antara Kalteng/Rendhik Andika)

Palangka Raya (Antara Kalteng) - Dari lima pasang bakal calon perseorangan yang telah menyerahkan bukti dukungan ke KPU Kota Palangka Raya, sampai Jumat (29/12) hanya pasangan Rusliasyah-Rogas Usup yang lolos batas minimal dukungan usai dilakukan verifikasi faktual.

"Jumlah dukungan sah pasangan Rusliansyah-Rogas Usup sebanyak 20.032 dari batas minimal dukungan 19.700," kata Ketua KPU Kota Palangka Raya, Eko Riadi usai rapat pleno penelitian faktual syarat dukungan calon perseorangan di kantor KPU setempat, Jumat.

Dia menerangkan, jumlah dukungan tersebut tersebar di lima kecamatan yang ada di Kota Palangka Raya.

Sementara itu, jumlah dukungan pasangan calon usai dilakukan verifikasi faktual, untuk Paslon Yulistri-Fathul Munir berjumlah 7.549, Nampung-Budi Santoso sebanyak 10.823, Dagut-Fitriadi Yusup 11.863 dan Rizky Mahendra-Daryana 6.595.

Namun untuk jumlah dukungan pasangan Yulistri-Fathul Munir dan Rizky Mahendra-Daryana belum final karena keduanya mengajukan keberatan terhadap verifikasi faktual yang telah dilakukan dan meminta kembali untuk dilakukan verifikasi di Kelurahan Menteng, Kecamatan Jekan Raya.

"Untuk itu, jumlah akhir dukungan kedua bakal pasang calon yang mengajukan keberatan tersebut baru diketahui usai verifikasi ulang bakal calon selesai. Hasilnya akan kita sidang plenokan pada 31 Desember mendatang," katanya.

Bagi pasangan bakal calon yang jumlah dukungannya masih di bawah syarat minimal namun ingin tetap maju dalam bursa Pilkada Kota Palangka Raya 2018 harus menyerahkan dukungan tambahan saat proses pendaftaran dengan jumlah dua kali lipat dari jumlah kekurangan.

Pada rapat pleno yang juga dijaga aparat Polres Palangka Raya itu, nampak hadir sejumlah calon yang akan maju pada Kota Palangka Raya 2018 mendatang.

Mereka seperti pasangan Yulistri-Fathul Munir, Dagut-Fitriadi Yusup, Rogas Usup, Nampung-Budi Santoso dan dan Rizky Mahendra.

Sementara itu Rizky Mahendra menerangkan keberatan tersebut dikarenakan pihaknya menilai PPS tak maksimal melakukan verifikasi faktual di Kelurahan Menteng.

"Keberatan kita ialah di Kelurahan Menteng. Menurut angka kita, kalau PPS turun ke lapangan jumlah dukungan yang tidak memenuhi syarat tidak akan sebanyak itu. Kalau di angka 300-400 masih wajar," katanya.