Warga Tangkiling resah adanya pencurian sapi

id pencurian sapi, sapi,polsek tangkiling

Ilustrasi (Foto Antara Kalteng/Ronny NT)

Palangka Raya (Antaranews Kalteng) - Warga yang bermukim di kawasan Tangkiling, Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah resah dengan adanya pencurian beberapa ekor sapi milik mereka dari kandangnya.
"Benar kita menerima laporan warga mengenai adanya kasus pencurian sapi milik warga setempat yang hilang saat berada di kandangnya, " kata Kapolsek Bukit Batu Ipada Arif Dany di Palangka Raya, Jumat.

Kepolisian Sektor setempat usai menerima laporan warga tersebut, langsung mengerahkan anggotanya untuk mencari tahu siapa pelaku pencurian tiga ekor milik warga tersebut.

Kuat dugaan para pelaku saat menjalankan aksinya itu sudah mengetahui situasi dan kondisi kandang, serta seluk beluk daerah setempat, sehingga tindak kejahatan yang diduga dilakukan spesialis pencuri hewan ternak tersebut sangat rapi operasinya.

Buktinya saat penyidik melakukan pemeriksaan kepada para korban dan saksi serta mengecek lokasi kejadian, tidak menemukan hal yang bisa menjadi petunjuk dalam kejadian itu.

"Berdasarkan keterangan para korban, para pelaku melancarkan aksinya itu pada malam hari saat hujan turun, sehingga para pelaku dengan leluasa beraksi. Sebab pelaku melakukan hal itu di saat pemilik ternak lengah, " bebernya.

Agar kejadian serupa tidak terjadi lagi, Kapolsek Bukit Batu mengimbau kepada masyarakat untuk mengaktifkan kembali pos kamling demi menjaga lingkungannya masing-masing dari bahaya pencurian dan kejahatan lainnya.

Bahkan, guna merespon dengan cepat keluhan warga di kawasan kecamatan setempat, maka perwira berpangkat balok satu itu juga menugaskan anggota Bhabinkamtibmas di wilayah setempat agar berkoordinasi dengan warga setempat dan mendata berapa banyak hewan ternak milik warga yang dipelihara dalam satu kandangnya.

Hal itu bertujuan untuk mempersempit aksi perbuatan para pelaku spesialis pencuri hewan ternak seperti yang sudah ada ini.

"Untuk mempersempit pergerakan para pelaku, kami mengajak masyarakat untuk bekerja sama dalam menjaga kawasan pemukimannya, sehingga terhindar dari kejadian serupa. Salah satunya kembali aktifkan pos kamling serta selalu koperatif saat aparat kepolisian meminta informasi dari warga setempat, " pungkasnya.



Pewarta :
Editor : Zaenal A.
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar