246 siswa SLTA Barut ikuti olimpiade sains

id Dinas Pendidikan Barui, Periansyah,olimpiade sains

246 siswa SLTA Barut ikuti olimpiade sains

Ratusan siswa dari 12 sekolah di Muara Teweh dan kecamatan mengikuti olimpiade sains tingkat SLTA/MA di SMAN 2 Muara Teweh, Rabu (28/2). (Istimewa)

Muara Teweh (Antaranews Kalteng) - Sebanyak 246 siswa dari sejumlah Sekolah Menengah Atas dan Madrasayah Aliyah di Kabupaten Barito Utara, Kalimantan Tengah mengikuti olimpiade sains tahun 2018 di daerah tersebut.

"Olimpiade sains dilaksanakan dalam rangka peningkatan wawasan pengetahuan, kemampuan dan kreativitas siswa dan siswi dalam pengelolaan pendidikan," kata Sekretaris Dinas Pendidikan Barito Utara, Periansyah di Muara Teweh, Rabu.

Olimpiade sains dilaksanakan dengan sembilan bidang pelajaran yakni matematika, fisika, biologi, kimia, komputer, astronomi, ekonomi, geo science (kebumian) dan geografi dari 12 sekolah di Muara Teweh maupun kecamatan.

Peserta kegiatan ini, kata dia, untuk sekolah di Muara Teweh meliputi SMAN 1, SMAN-2, SMAN-3, SMAN 4 dan SMAN 5, kemudian SMAN-1 Lahei, SMAN-1 Teweh Baru, SMAN-1 dan 2 Gunung Timang, SMA Persiapan Montallat, SMAN-1 Teweh Timur, Dan MAN Muara Teweh.

"Jadi selain diikuti siswa dari Muara Teweh, semua sekolah tingkat atas dari kecamatan di daerah ini juga mengikuti kegiatan tersebut," katanya.

Periansyah menjelaskan, kegiatan ini bertujuan meningkatkan mutu pembelajaran di SMA dan merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan mutu pendidikan, menumbuh kembangkan kemampuan siswa untuk berpikir sistematis, kreatif dan inovatif.

Di samping itu, kegiatan ini juga untuk menanamkan sifat kompetitif yang sehat sejak dini serta menanamkan rasa kesadaran dan keberanian untuk belajar menerapkan secara langsung sekaligus bisa belajar berprestasi secara nyata dan optimal.

"Kami mengharapkan kegiatan ini dapat betul-betul mempersiapkan siswa untuk mengikuti olimpiade guna mewakili Barito Utara pada tingkat Kalteng pada April nanti dan tingkat nasional di Padang Sumatera Barat Juli 2018," kata dia.

Olimpiade Sains tahun ini dengan penyelenggara di SMAN 2 Muara Teweh di Kelurahan Jingah Kecamatan Teweh Baru.