40 anggota DPRD Kotim periksa kesehatan ke Jakarta

id DPRDKotim,Ketua DPRD Kotawaringin Timur, Jhon Krisli

40 anggota DPRD Kotim periksa kesehatan ke Jakarta

Anggota DPRD Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalteng saat akan melakukan pemeriksaan kesehatan di rumah sakit pusat angkata darat (RSPAD) di Jakarta. (Foto DPRD Kotim)

Seluruh anggota dewan wajib melakukan pemeriksaan kesehatan tersebut. Dan itu memang program dewan
Sampit (Antaranews Kalteng) - Sebanyak 40 anggota DPRD Kotawaringin Timur, Kalteng secara berombongan menjalani pemeriksaan kesehatan di sebuah rumah sakit di Jakarta dengan dibiayai dana APBD.

Ketua DPRD Kotawaringin Timur, Jhon Krisli membenarkan pemeriksaan kesehatan anggota dewan tersebut, karena agenda itu memang wajib dilaksanakan di Jakarta sesuai dengan ketentuan dan peraturan yang berlaku.

"Seluruh anggota dewan wajib melakukan pemeriksaan kesehatan tersebut. Dan itu memang program dewan," terangnya.

Menurut Jhon, untuk pemeriksaan kesehatan anggota dewan di lakukan di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat Gatot Soebroto Pusat Kesehatan TNI Angkatan Darat (RSPAD Gatot Soebroto Puskesad) karena memang rujukan dari peraturan pemerintah dan juga peraturan daerah.

"RSPAD adalah sebuah rumah sakit tipe A yang terletak di Jakarta Pusat. Jadi kalau di RSUD di Sampit tidak masuk kategori yang diamanatkan dalam ketentuan itu," jelasnya.

Jhon mengatakan, saat pemeriksaan kesehatan, tidak hanya riwayat kesehatan yang dicek, namun juga dilakukan tes urine terhadap para anggota dewan.

Kesehatan anggota dewan diperiksa mulai dari cek jantung dan laboratorium yang mencakup tes urine.

"Untuk hasil pemeriksaan kesehatan belum bisa diketahui saat ini, tapi nanti setelah selesai," terangnya.

Jhon mengatakan, pemeriksaan kesehatan anggota dewan merupakan amanat dari Peraturan Pemerintah (PP) nomor 18 tahun 2017 tentang hak keuangan dan administratif anggota DPRD dan peraturan daerah.

Dimana setiap anggota DPRD mendapatkan fasilitas tersebut secara rutin setiap tahun, selain hak keuangan dan hak protokoler yang sudah diatur.

Rumah sakit menyiapkan tim dokter yang terdiri dari dokter spesialis berbagai penyakit dalam memeriksa kesehatan anggota dewan.