Pemerintah Pusat sediakan Rp545 juta untuk bantu perbaiki sekolah di Lamandau

id Kabupaten Lamandau,Apolonius,Kasi Disdik Lamandau,Disdik Lamandau,SMP N3 Bulik

Pemerintah Pusat sediakan Rp545 juta untuk bantu perbaiki sekolah di Lamandau

Kondisi bangunan SMP Negeri 3 Bulik yang terletak di Desa Batu Kotam Kecamatan Bulik, yang Plafonnya sudah tidak layak lagi, Nanga Bulik, Senin (30/4/19). (Foto Antara Kalteng/Fuad Siddiq).

Sementara untuk pengerjaan perbaikan sekolah tersebut akan dikerjakan secara swakelola atau pihak sekolah itu sendiri. Pihak sekolah membentuk panitia dan dibuatkan surat keputusan (SK) Panitia rehabilitasi
Nanga Bulik (Antaranews Kalteng) - Pemerintah Pusat di tahun 2018 menyediakan anggaran sebesar Rp545 juta untuk membantu memperbaiki gedung Sekolah Menengah Pertama Negeri 3 Bulik Kabupaten Lamandau Provinsi Kalimantan Tengah, yang sekarang ini kondisinya rusak parah.

Bantuan Pusat sebesar Rp545 juta melalui dana alokasi khusus (DAK) yang akan disalurkan tiga tahap itu sedang dalam proses kontrak pengerjaan, kata 
Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Lamandau Meigo Basel, melalui Kepala Seksi Kelembagaan dan Sarana Prasarana SMP, Apolonius, di Nanga Bulik, Senin (30/4/18).

"Kalau yang akan diperbaiki di SMPN 3 Bulik itu berupa pemasangan Plafon yang sekarang ini memang sudah rusak parah, perbaikan dinding, atap, pintu, jendela hingga pengecatan di tiga ruang kelas," tambahnya.

Sementara untuk pengerjaan perbaikan sekolah tersebut akan dikerjakan secara swakelola atau pihak sekolah itu sendiri. Pihak sekolah membentuk panitia dan dibuatkan surat keputusan (SK) Panitia rehabilitasi.

Apolonius mengatakan SMPN3 Bulik telah menyampaikan ke Disdik Kabupaten Lamandau bahwa pihaknya membentuk dan menerbitkan SK panitia rehab, dan rencananya pengerjaan perbaikan tersebut akan dimulai awal Mei 2018.

"Kita berharap kepada pihak sekolah, agar nantinya dapat mengelola dan mengawasi secara langsung pekerjaannya dengan baik agar hasilnya nanti dapat dirasakan secara oleh para anak didik yang memangku pendidikan disekolah setempat," ucapnya.

Kasi di Disdik Kalteng ini pun mengapresiasi bantuan yang telah di berikan Pemerintah Pusat dalam memperbaiki SMPN 3 Bulik. Dia berharap bantuan seperti ini dapat terus diberikan Pusat karena masih banyak pembangunan yang perlu dilaksanakan di Kabupaten Lamandau.

"Pemkab Lamandau memang ada mengusulkan kepada Pusat agar maembantu anggaran untuk perbaikan sarana dan prasaran pendidikan serta lainnya," demikian Apolonius.