Pawai Tanglong meriahkan malam Salikur

id pawai tanglong, malam salikur,plt bupati bartim

Pawai Tanglong meriahkan malam Salikur

Plt Bupati Bartim H Suriansyah didampingi FKPD dan jajaran pejabat Pemerintah Kabupaten setempat sesaat melepas secara resmi Pawai Tanglong dan Bagarakan 1439 H, Selasa malam. (Foto Protokoler Pemkab Bartim/Isum)

Tamiang Layang (Antaranews Kalteng) - Pawai tanglong yang dibuka secara resmi oleh Plt Bupati Barito Timur,  Kalimantan Tengah,  H Suriansyah, Selasa malam, sekaligus sebagai tanda memeriahkan bulan suci Ramadhan dan malam ke-21 yang biasa disebut masyarakat dengan Salikur.

"Acara ini acara tahunan yang tujuannya memeriahkan atau menyemarakkan bulan suci Ramadhan dan malam ke-21 atau Salikur yang juga sekaligus lomba Bagarakan Sahur. Ada sejumlah kalangan warga yang ikut memeriahkan," kata Suriansyah di Tamiang Layang.

Menurutnya, yang penting dalam pawai tersebut mengutamakan dakwah dan mempererat ukhuwah Islamiyah, serta mempererat hubungan pemerintah dan masyarakat dan antar sesama umat beragama.

H Suriansyah memaparkan, peserta yang ikut merupakan kalangan pemuda pemudi masjid maupun komunitas umum.

Bupati Bartim H Suriansyah didampingi jajaran pejabat Pemerintah Kabupaten Bartim melepas secara resmi dengan mengibarkan bendera start.

Untuk pawai Tanglong dilaksanakan dari jalan A Yani, tepatnya di halaman Kantor Bupati Bartim. Peserta kemudian mengelilingi jalan sepanjang A Yani dan kembali ke depan halaman kantor Bupati Bartim.

Bertepatan dengan malam Salikur atau malam ke-21 sekaligus menyambut malam Lailatul Qadar itu dipenuhi ratusan warga masyarakat Kota Tamiang Layang dan sekitarnya.

"Melihat kondisi ramai dan tampilan memukau dari kreatifitas dan inovasi peserta dalam memeriahkan bulan suci Ramadhan, kami Pemerintah Kabupaten Bartim sangat mengapresiasinya" ucapnya.

Diharapkan agar Panitia Hari Besar Islam (PHBI) Bartim bisa meningkatkan kreatifitas peserta dan mengundang peserta yang ikut sebanyak-banyaknya.