Hati - hati, insomnia sebabkan susah hamil

id Insomnia,hamil,tidur

Hati - hati, insomnia sebabkan susah hamil

. Ilustrasi (kitzcorner) (/)

Palangka Raya (Antaranews Kalteng) - Beberapa orang menganggap susah tidur atau insomnia sebagai hal sepele dan tidak berisiko tinggi.

Insomnia bahkan sering disalahkan sebagai gangguan kesulitan tidur pada perempuan, meski kenyataannya, insomnia masih bisa disembuhkan.

Tak banyak yang tahu, insomnia atau gangguan tidur bisa menyebabkan perempuan susah hamil.

Baca juga: Ini cara agar tidur jadi nyeyak

Mengapa bisa begitu?

Dilansir dari Reuters, penelitian mengembangkan sebuah penelitian mengenai insomnia dan infertilitas.

Perempuan yang sering mengabaikan kualitas tidur dan bahkan mengabaikan jam tidur memiliki risiko empat kali lebih tinggi untuk susah memiliki keturunan.

Dr. Duo Wang, dokter di Rumah Sakit Umum dan Pusat Medis Pertahanan Nasional di Taipei, Taiwan menganjurkan perempuan untuk tidur lebih awal.

"Perempuan subur harus tidur lebih awal dan menghindari kerja shift malam, atau penggunaan ponsel sebelum tidur," kata Wang dalam emailnya kepada Reuters.

Beberapa hal yang menyebabkan gangguan tidur atau insomnia antara lain adanya masalah kesehatan dalam tubuh, tingginya tekanan darah, tingginya kolesterol, adanya masalah paru-paru dan ginjal.

Jannifer Felder, peneliti University of California, San Fransisco mengatakan bahwa dirinya dan tim masih belajar banyak bagaimana gangguan tidur bisa menyebabkan sulit untuk hamil.

Selain memperhatikan jam tidur, perempuan juga harus diimbangi dengan makan sehat, olahraga teratur dan gaya hidup yang baik.

Karena bukan hanya insomnia, penyebab sulitnya perempuan hamil juga karena adanya masalah struktural uterus dan saluran tuba yang terganggu.

Gangguan tersebut hanya bisa terlihat bila diperiksakan ke dokter.

Menstruasi tidak teratur juga jadi alasan utama mengapa perempuan susah untuk hamil.

Perempuan memang akan sulit berovulasi ketika ia memiliki siklus menstruasi yang tidak teratur.

Baca juga: Begini cara bakar lemak dengan tidur nyenyak
Baca juga: Perbaiki kualitas tidur dengan makanan ini


sumber: nakita.grid