Ayo sukseskan program kampung KB di Bartim

id Pj Bupati Bartim H Ketut Widhie Wirawan,sukseskan program kampung KB di Bartim,program kampung KB

Ayo sukseskan program kampung KB di Bartim

Pj Bupati Bartim, H Ketut Widhie Wirawan. (Foto Antara Kalteng/Habibullah)

Tamiang Layang (Antaranews Kalteng) - Pj Bupati Barito Tinur, Kalimantan tengah, H Ketut Widhie Wirawan meminta agar seluruh SOPD mendorong dan mensukseskan program Kampung Keluarga Berencana (KB) yang merupakan program nasional ke-5 dari Presiden Joko Widodo.

Menurut data, kasus stunting di Kabupaten 'Jari Janang Kalalawah' ini cukup tinggi, kata Ketut Widhie saat memimpin rapat evaluasi program kampung KB 2017 dan pencanangan program kampung KB 2018 serta advokasi forum penetapan indikator program KKBPK ke dalam RPJMD, di Tamiang Layang, Kamis.

"Kedepan, jangan ada lagi anak-anak di Bartim terkena stunting," ucap Ketut Widhie.

Menurutnya, untuk mensukseskan program kampung KB, maka diperlukan analisa dan evaluasi kampung KB 2017 yang telah berjalan. Perlu diketahui ada kendala yang dihadapi dan bagaimana solusinya.

Sebab, program itu bagian yang tak terpisahkan dari Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) serta menjadi pondasi manusia yang berkualitas.

Pembangunan bisa berhasil jika digerakkan oleh SDM berkualitas. Jika program itu tidak dilaksanakan, maka generasi Bartim kedepan akan terpuruk beriringan dengan dampak pembangunannya.

"Untuk meningkatkan indek pembangunan manusia itu perlu dimasukkan program kampung KB di Dusun," katanya.

Dengan suksesnya kampung KB, maka akan berpengaruh secara sistemik pada sektor terkait lainnya seperti bebas dari kebodohan, kemiskinan dan keterbelakangan.

Untuk itu, Ketut meminta agar program kampung KB di Kabupaten Bartim terus ditambah. 

"Jangan hanya sebatas 11 kampung KB,  tapi bagaimana terus upayakan untuk lebih dari 11 dan untuk menyempurnakan pembangunan. Perlu diingat, Bartim merupakan pilot proyek program penanganan stunting," tegasnya.

Stunting sangat berpengaruh pada tumbuh kembang anak dan baik kesehatannya. Mari dukung program atau kegiatan yang menekan atau meniadakan stunting karena akan berdampak pada tingkat kecerdasan.