Mozilla hadirkan pengalaman 3-D di browser

id mozilla,firefox, Firefox Reality,Mozilla hadirkan pengalaman 3-D di browser

Mozilla hadirkan pengalaman 3-D di browser

Mozilla (mozilla.org) (Istimewa)

Jakarta (Antaranews Kalteng) - Pengembang browser Mozilla baru-baru ini merilis Firefox Reality, aplikasi perambah web yang menghadirkan pengalaman 3-D yang didesain untuk perangkat headsets virtual dan augmented reality, yang mereka kembangkan sejak awal tahun ini.

Aplikasi Firefox Reality yang sudah tersedia di toko aplikasi Viveport, Oculus, dan Daydream ini memungkinkan pengguna mendapatkan pengalaman konten web 3-D di browser, dengan bantuan perangkat virtual reality (VR), kata Mozilla dalam pernyataan resminya, Rabu dinihari WIB.

Pada saat orang-orang mempertanyakan dampak teknologi pada kehidupan mereka dan melihat kepemimpinan dari organisasi independen seperti Mozilla, Firefox Reality membawa ke web 3D dan konten yang mendalam pada tingkat yang lebih mudah digunakan, ada pilihan, kontrol, dan privasi pengguna.

“Kami membangun Firefox Reality untuk bergerak mulus antara web 2D dan web imersif,” kata Mozilla dan Tim Mixed Reality di Mozilla mengembangkan penelitian untuk mencari tahu bagaimana bisa mendesain browser untuk virtual reality.

Mozilla pun memikirkan kembali mengenai navigasi, masukan teks, lingkungan, pencarian, dan lainnya. Ini membutuhkan penelitian bertahun-tahun dan percakapan yang tak terhitung jumlahnya dengan pengguna, pembuat konten, dan mitra perangkat keras.

“Ini membuat perbedaan besar, dan kami pikir Anda akan menyukai semua fitur dan detail yang kami buat khusus untuk peramban VR,” kata Andre Vrignaud, kepala strategi platform mixed reality di Mozilla.

Lalu, apa saja kemampuan yang dimiliki Firefox Reality? Beberapa fitur yang ada antara lain pencarian web dengan menggunakan perintah suara, meskipun input teks tetap ada. Dengan Firefox Reality Anda dapat memilih untuk mencari menggunakan mikrofon di headset Anda.

Konten yang tersedia juga merupakan konten “segar” atau baru. Dari saat Anda membuka browser, Anda akan disajikan dengan pengalaman mendalam yang dapat dinikmati pada headset VR langsung dari browser Realitas Firefox.

“Kami bekerja sama dengan pembuat konten di seluruh dunia untuk menghadirkan koleksi game, video, lingkungan, dan pengalaman menakjubkan yang dapat diakses langsung dari layar utama,” kata Mozilla.

Aplikasi ini juga merupakan dimensi baru Firefox. Firefox menggunakan mesin Quantum baru untuk peramban seluler. Hasilnya adalah kinerja yang halus dan cepat yang sangat penting untuk perambah VR.

Mozilla mengaku sangat memperhatikan privasi dan transparasi dengan sangat serius dalam membangun ini. “Sebagai perusahaan, kami berdedikasi untuk memperjuangkan hak privasi Anda di web. Nilai-nilai kami telah membimbing kami melalui proses pembuatan ini, sama seperti yang dilakukan dengan setiap produk yang kami bangun.”

Mozilla rilis aplikasi ini baru langkah awal. Ini adalah versi 1.0 Firefox Reality, dan sudah disiapkan versi 1.1, dengan segudang daftar ide dan fitur yang bakal terus ditambahkan pada versi-versi selanjutnya.