Koperasi Budidaya Ikan sudah dibentuk di Barsel

id kabupaten barito selatan,barsel,pembudidaya ikan barsel, Jonny Ngindra

Koperasi Budidaya Ikan sudah dibentuk di Barsel

Kepala Bidang Perikanan pada Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian, dan Perikanan Barito Selatan, Jonny Ngindra. (Foto Antarakalteng/Bayu Ilmiawan)

Buntok (Antaranews Kalteng) - Pemerintah Kabupaten Barito Selatan, Kalimantan Tengah telah mendorong terbentuknya, koperasi bagi pembudidaya ikan yang bertujuan memfasilitasi sekaligus membantu meningkatkan penghasilan.

Koperasi tersebut dalam rangka untuk meneruskan bantuan bibit ikan yang akan disalurkan kepada kelompok tani pembudidaya ikan di daerah ini, kata Kepala Bidang Perikanan pada Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian, dan Perikanan Barito Selatan, Jonny Ngindra, di Buntok, Kamis.

"Karena semua penerima bantuan tersebut harus berbadan hukum," ucap Jonny.

Dikatakan, hal tersebut sesuai dengan amanat Undang-Undang Nomor 23/2014 yang mana semua penerima bantuan harus berbadan hukum.

"Bila tidak dibentuk wadah seperti kelompok tani, maka bantuan tidak bisa diserahkan," tambah Kepala Bidang Perikanan pada Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian, dan Perikanan Barito Selatan itu.

Kelompok tani tersebut dibawah koperasi, namun disayangkan koperasi pembudidaya ikan masih belum aktif berjalan. Padahal kalau aktif, tentunya bisa memfasilitasi penjualan hasil budidaya ikan tersebut.

"Kalau koperasinya jalan, tentunya mereka akan mampu mencari solusi untuk menjual hasil bagi pembudidaya ikan, sehingga harga jualnya tidak merugikan pembudidaya ikan," demikian Jonny.