Pemerintah tetapkan cuti bersama Lebaran 2019

id cuti bersama,lebaran 2019,pns,liburan

Pemerintah tetapkan cuti bersama Lebaran 2019

Ilustrasi (istimewa)

Jakarta (Antaranews Kalteng) - Pemerintah menetapkan jumlah cuti bersama libur Lebaran 2019 atau Hari Raya Idul Fitri 1440 Hijriah sebanyak tiga hari.

Keterangan resmi Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Republik Indonesia (Kemenko PMK) di Jakarta, Selasa, menyebutkan total hari libur nasional pada 2019 sebanyak 20 hari, termasuk cuti bersama tiga hari pada libur Lebaran.

Penentuan hari libur tersebut ditetapkan pada Surat Keputusan Bersama Menteri Agama, Menteri Ketenagakerjaan, dan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi tentang Hari Libur Nasional dan Cuti Bersama Tahun 2019.

Keputusan Bersama ini ditandatangani oleh Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin, Menteri Ketenagakerjaan Hanif Dhakiri, dan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Syafruddin.

Berbeda dengan tahun 2018 yang menetapkan hari libur Lebaran atau cuti bersama sebanyak tujuh hari, kali ini pada 2019 hanya diputuskan sebanyak tiga hari.

Hari Raya Idul Fitri 1440 Hijriah diperkirakan jatuh pada tanggal 5 dan 6 Juni 2019 atau hari Rabu dan Kamis. Hari libur cuti bersama yang ditetapkan pemerintah pada 2019 yaitu pada 3, 4, dan 7 atau hari Senin, Selasa, dan Jumat sehingga dengan demikian, jika ditotal libur Lebaran 2019 berlangsung satu pekan.

Jumlah Hari Libur Nasional dan Cuti Bersama tahun 2019 sebanyak 20 hari, dengan rincian Hari Libur Nasional sebanyak 16 hari dan cuti bersama sebanyak empat hari, yaitu tiga hari untuk Hari Raya Idul Fitri 1440 Hijriah dan satu hari untuk Hari Raya Natal.

Hari libur tersebut antara lain Tahun Baru Masehi 1 Januari, Tahun Baru Imlek 5 Februari, Hari Raya Nyepi 7 Maret, Isra Miraj Nabi Muhammad Saw 3 April, Wafat Isa Almasih 19 April, Hari Buruh 1 Mei, Hari Raya Waisak 19 Mei, Kenaikan Isa Al Masih 30 Mei, Hari Lahir Pancasila 1 Juni, Hari Raya Idul Fitri 5-6 Juni, Cuti Bersama Hari Raya Idul Fitri 3;4;7 Juni, Hari Raya Idul Adha 11 Agustus, Hari Kemerdekaan Indonesia 17 Agustus, Tahun Baru Islam 1 September, Maulid Nabi Muhammad 9 November, dan Cuti Bersama serta Hari Raya Natal pada 24-25 Desember.

Pelaksanaan cuti bersama akan mengurangi hak cuti tahunan pegawai atau karyawan atau pekerja sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan dan ketentuan yang berlaku pada setiap unit kerja atau satuan di  organisasi, lembaga, atau perusahaan. 

Pelaksanaan cuti bersama bagi PNS dilakukan sesuai peraturan perundang-undangan. Pelaksanaan cuti bersama bagi lembaga atau instansi swasta diatur oleh pimpinan masing-masing.