Program imunisasi MR Palangka Raya diperpanjang

id imunisasi mr,rubella,diperpanjang,dinkes palangka raya

Program imunisasi MR Palangka Raya diperpanjang

Ilustrasi - Pemberian Vaksin (Istimewa)

Palangka Raya (Antaranews Kalteng) - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Palangka Raya, Provinsi Kalimantan Tengah memperpanjang masa program imunisasi campak atau measles dan rubela (MR).

"Sesuai petunjuk Kementerian Kesehatan program imunisasi MR diperpanjang sampai 31 Desember 2018," kata Plt Kepala Dinkes Palangka Raya, Andjar Hari Purnomo di Palangkara, Rabu.

Dia menerangkan, sampai saat ini capaian program imunisasi MR di "Kota Cantik" mencapai 62,4 persen dari total 65.703 sasaran program.

Pihaknya, melalui seluruh jajaran dinkes kota terus berupaya melakukan pendekatan persuasif terhadap masyarakat, agar target imunisasi MR dapat tercapai pada 31 Desember 2018.

Meski demikian, sampai saat ini sebagian masyarakat di kota setempat masih menolak dilakukan imunisasi MR terhadap anggota keluarga yang masuk kategori sasaran.

Diantara alasan penolakan itu karena ketakutan vaksin akan berdampak negatif terhadap anak, kemudian juga kurang pahamnya masyarakat terkait program dan manfaat vaksin MR.

"Sesuai petunjuk Menkes, kami tetap berupaya memberikan pemahaman dan pengertian kepada masyarakat manfaat imunisasi MR" lanjutnya.

Imunisasi MR bertujuan membentuk imunitas kelompok sehingga dapat mengurangi transmisi virus ke usia yang lebih dewasa serta melindungi kelompok usia tersebut ketika memasuki usia dewasa.

Pelaksanaan imunisasi di Palangka Raya merupakan kampanye tahap ke-2 di Indonesia yang mana tahap pertama telah dilaksanakan tahun lalu di Pulau Jawa.

Pihaknya mengajak masyarakat yang memiliki anak usia sembilan bulan hingga kurang dari 15 tahun, turut menyukseskan program tersebut dengan memastikan anak telah mendapat imunisasi MR.