Hal penting yang disiapkan sebelum berangkat liburan

id liburan,wisata,tiket pesawat,yang perlu disiapkan,traveling

Hal penting yang disiapkan sebelum berangkat liburan

Ilustrasi liburan (ist)

Jakarta (Antaranews Kalteng) - Libur panjang di penghujung Desember bisa membuat para pelancong frustrasi karena terminal, stasiun dan bandara yang mendadak lebih penuh dari biasa hingga harga sewa mobil dan hotel yang meroket.  



Untungnya ada beberapa tips dari enam pelancong terkemuka yang bisa diterapkan untuk membuat perjalanan Anda lebih menyenangkan, seperti dilansir dari Travel and Leisure.



1. Cek ulang jam buka tempat wisata



Anda harus mengecek apakah tempat wisata yang banyak dikunjungi selama liburan memang dibuka atau ada waktu operasi khusus yang diberlakukan selama musim liburan, kata penulis perjalanan Rick Steves.



"Di buku panduan mungkin tertulis tempat dibuka dari Selasa hingga Minggu, tutup tiap Senin, tapi pada hari libur Natal bisa jadi waktu operasionalnya berbeda," kata Steves.



Dia juga menyarankan pelancong untuk membuat pemesanan sebelumnya bila memang tersedia.



2. Jadilah pelancong yang bertolak belakang



Coba kunjungi tempat-tempat yang jarang didatangi orang, demikian saran dari travel blogger Matthew Kepnes.



Tiket ke tempat-tempat seperti itu juga cenderung lebih murah, dia menambahkan.



3. Bersikap ramah pada staf bandara dan maskapai



Anda memang sedang bersantai pada hari libur, tapi orang-orang yang memastikan Anda tiba di tujuan masih bekerja, kata travel blogger Kate McCulley. Memperlakukan mereka dengan hormat bisa meningkatkan kesempatan Anda merasakan perjalanan yang menyenangkan.



4. Bawa baju cadangan di tas kabin



Musim liburan identik dengan bandara yang penuh sesak, artinya ada lebih banyak tas yang harus diperiksa petugas dan lebih besar kemungkinan terjadi kesalahan manusia, kata Andrew Zimmern, pembawa acara acara perjalanan "Bizarre Foods". Dia menyarankan Anda untuk berjaga-jaga mempersiapkan yang terburuk.



5. Persiapkan diri bila rencana tak berjalan sempurna



Anda bisa mengikuti semua tips di atas dalam mempersiapkan liburan. Tapi satu hal yang paling penting, kata Richard Quest pembawa acara CNN Business Traveller, adalah menerima fakta bila rencana Anda tidak berjalan sempurna meski persiapannya sudah sangat matang.



6. Enam tips melancong saat musim liburan



Melancong bisa dilakukan di luar musim liburan, apalagi bila Anda hanya punya dana terbatas. Menurut jurnalis travel Peter Greenberg, ada dua pekan di industri perjalanan yang dikenal sebagai "pekan mati".



"Itu adalah pekan setelah Thanksgiving dan pekan setelah Tahun Baru."



Misalnya, bila ingin merayakan tahun baru yang murah meriah, mulailah melancong pada tanggal 3 Januari karena orang-orang biasanya sudah selesai berlibur pada saat itu.