Jam kerja ASN di Bartim selama Ramadhan dioptimalkan

id Pemkab bartim, sekda eskop, jam kerja asn, bulan suci ramadhan, kinerja asn, pelayanan kepada masyarakat

Jam kerja ASN di Bartim selama Ramadhan dioptimalkan

Sekretaris Daerah Barito Timur Eskop. (Foto Antara Kalteng/Habibullah)

Tamiang Layang (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Barito Timur, Provinsi Kalimantan Tengah mengoptimalkan jam kerja aparatur sipil negara (ASN) selama bulan Ramadhan 1440 hijriah atau tahun 2019.

Tujuan dari kebijakan itu, yakni agar kinerja ASN selama bulan puasa Ramadhan tetap maksimal dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat, kata Sekretaris Daerah Bartim Eskop di Tamiang Layang, Selasa.

"Surat edaran sudah kami sampaikan ke seluruh satuan organisasi perangkat daerah (SOPD), jadi diharapkan semua ASN bisa mematuhinya," katanya.

Menurut Eskop, melalui surat edaran nomor 800/855/ORG per tanggal 30 April 2019 tentang pengaturan jam kerja selama Ramadhan 1440 hijriah, disebutkan jam kerja pada Senin hingga Kamis yakni pukul 07.30-14.00 WIB.

Sedangkan pada Jumat yakni sejak pukul 07.30-15.00 WIB dengan waktu istirahat pukul 11.30-12.30 WIB. Untuk hari kerja Senin hingga Kamis tidak ada jam istirahat, sedangkan Jumat ada waktu istirahat selama satu jam dari pukul 11.30-12.30 WIB.

Mantan Kepala Dinas Pertanian itu meminta seluruh ASN bisa bekerja maksimal dengan pengaturan waktu kerja selama bulan Ramadhan tersebut. Apalagi sudah diberikan pengurangan jam kerja jika dibandingkan hari biasanya.

"Kemudian bagi ASN yang beragama non muslim, diharapkan bisa menghormati ASN yang sedang melaksanakan ibadah puasa dengan tidak makan dan minum di ruang kerja," tuturnya.

Untuk itu, Eskop meminta kepada pejabat eselon II, III dan IV yang ada bisa memberikan contoh dan menegur bawahannya yang tidak menghormati umat muslim yang sedang berpuasa.

"Secara etika, itu tidak baik. Mari saling menghormati dan menerapkan sikap tenggang rasa serta saling menghormati antar sesama," jelasnya.

Selain itu, Eskop juga menuntut kinerja ASN untuk tidak bermalas-malasan bekerja saat bulan Ramadhan, apalagi sampai tidak masuk kerja. Pihaknya akan terus melakukan pengawasan terhadap kinerja seluruh ASN di Bartim.