Marvel digugat terkait tuduhan 'Iron Man 3' jiplak komik lain

id Iron Man 3,Marvel digugat ,Marvel digugat terkait tuduhan 'Iron Man 3' jiplak komik lain

Marvel digugat terkait tuduhan 'Iron Man 3' jiplak komik lain

Perbandingan poster komik "Radix" dan "Iron Man 3". Marvel Entertainment pada Senin (15/7/2019) memenangi gugatan dugaan pelanggaran hak cipta melawan Horizon Comics Productions yang menuduh Marvel meniru poster "Radix" dalam perancangan poster "Iron Man 3". (ANTARA News/Marvel)

Jakarta (ANTARA) - Entah sengaja atau tidak, gambar superhero berbaju baja Iron Man pada poster “Iron Man 3” mirip dengan karakter pada komik lain, dan karena itu Marvel Entertainment digugat dengan tuduhan pelanggaran hak cipta.

Horizon Comics Productions menggugat Marvel pada April 2016. Perusahaan itu mengatakan bahwa gambar Robert Downey Jr berlutut dengan baju Iron Man-nya dalam poster “Iron Man 3” menyadur karakter Caliban, juga dalam posisi berjongkok pada seri komik Horizon “Radix”.

Horizon mengklaim dalam gugatan mereka bahwa enam karyawan Marvel mengetahui “Radix” dan gambar Caliban, dengan dua orang di antaranya memiliki “hubungan kerja” dengan pecipta komik, dan memengaruhi perancang poster “Iron Man 3”.

Baca juga: Hyundai segera rilis edisi Kona Iron Man bermesin turbo

Namun, dalam persidangan di pengadilan New York pada Senin lalu (15/7), mengutip laporan Comic Book pada Rabu, Marvel Entertainment akhirnya memenangi perselisihan hak cipta tersebut.

Seorang hakim distrik AS di New York, J Paul Oetken, dalam putusannya menyebutkan bahwa tidak ada bukti dalam catatan yang menunjukkan bahwa salah satu dari orang-orang yang disebut Horizon itu melihat gambar Caliban atau terlibat dalam desain poster “Iron Man 3”.

Argumen Horizon bahwa orang-orang ini bisa memberikan akses hubungan atau keterkaitan adalah tidak lebih dari spekulasi.

Hakim juga memutuskan bahwa Horizon gagal untuk menunjukkan bahwa gambar-gambar itu "sangat mirip," meskipun berbagi beberapa "kesamaan yang patut diperhatikan."

"Marvel mengatur pemotretan yang menampilkan RDJ (Robert Downey Jr) untuk menghasilkan foto untuk desain poster. Dan foto-foto dari pemotretan ini menampilkan RDJ berlutut dan berjongkok yang akhirnya digunakan untuk membuat Poster 'Iron Man 3'," tulis hakim dalam putusannya.

Horizon juga tidak menawarkan bukti untuk membantah bukti yang diajukan oleh Marvel dan menunjukkan bahwa poster “Iron Man 3” dirancang secara independen.

Baca juga: "Iron Man 3" kalahkan "The Great Gatsby"
Baca juga: "Iron Man 3" laris di China
Baca juga: Iron Man Samsung Galaxy S6 Akan Diluncurkan