Dampak positif dan negatif liburan bareng pasangan

id liburan bareng pasangan,manfaat liburan,Dampak positif dan negatif liburan bareng pasangan

ilustrasi liburan (freepik)

Palangka Raya (ANTARA) - Liburan bersama pasangan memberikan banyak manfaat bagi kelangsungan hubungan asmara. Namun, kegiatan ini juga bisa menjadi penyebab pertengkaran bila Anda dan pasangan sering berselisih pendapat selama menjalani liburan. Lantas, apa saja sih manfaat serta risiko ketika liburan bersama pasangan?

Manfaat liburan bersama pasangan

Tak hanya menimbulkan perasaan senang, berikut adalah keuntungan yang bisa Anda dapatkan dari liburan bersama pasangan:

1. Meningkatkan keintiman dengan pasangan
Pergi berlibur bersama pasangan adalah cara menyenangkan untuk menambah kemesraan dan membuat hubungan semakin langgeng. Pasalnya, Anda akan memiliki lebih banyak quality time bersama pasangan.

Selain itu, kegiatan menyenangkan yang dilakukan berdua pun terbukti meningkatkan keintiman dengan pasangan. Terlebih lagi jika Anda dan pasangan memiliki minat yang sama dalam berlibur.

Baca juga: Cara mudah rencanakan perjalanan 'low budget'

2. Lebih efektif untuk melepas stres
Manfaat utama yang dicari banyak orang saat berlibur bersama pasangan adalah meredakan stres bersama. Melepas lelah dari kehidupan sehari-hari tentu terasa lebih menyenangkan saat dilakukan bersama orang yang Anda cintai.

Bagi beberapa orang, liburan bukanlah tentang pergi ke tempat baru, melainkan beristirahat sejenak dari kesibukan yang menyita waktu. Liburan juga memberikan Anda kesempatan untuk melakukan berbagai hal di luar aktivitas rutin yang menjemukan.

3. Menemukan hal baru pada pasangan
Seiring bertambahnya usia hubungan, wajar bagi Anda untuk merasa jenuh terhadap pasangan. Anda perlu menemukan hal baru yang menarik, dan inilah manfaat lain yang ditawarkan dari liburan bersama pasangan.

Saat berlibur bersama, Anda bisa melihat bagaimana pasangan Anda melakukan berbagai hal yang belum pernah ia lakukan sebelumnya. Ini merupakan pengalaman baru yang berharga bagi hubungan Anda.

Baca juga: Dampak positif bagi jantung jika sering berlibur

4. Menciptakan kenangan bersama
Salah satu manfaat liburan bersama pasangan adalah waktu menciptakan kenangan positif dan memiliki arti mendalam pada hubungan. Berdua, Anda dapat merasakan pengalaman baru yang memperkaya kenangan tersebut.

Bagi pasangan yang telah menjalin hubungan dalam waktu lama, liburan bisa menjadi momen untuk mengenang masa-masa indah. Misalnya pertemuan pertama, kencan paling berkesan, pernikahan, kelahiran anak pertama, dan sebagainya.
Sayangnya, liburan dengan pasangan tak selalu berjalan lancar

Meski membawa manfaat, nyatanya liburan bersama pasangan tak selalu berjalan dengan lancar dan indah. Biasanya, rintangan muncul akibat komunikasi yang kurang baik atau masalah yang pernah terjadi. Berikut di antaranya:

1. Perbedaan minat menimbulkan konflik
Beberapa orang senang menikmati suasana alam, tapi ada pula orang-orang yang lebih senang berlibur untuk memperbanyak koleksi foto. Perbedaan minat seperti ini sebenarnya dapat membuat liburan Anda dan pasangan terasa lebih berwarna.

Baca juga: Tips liburan murah meriah di Australia Barat dari Ringgo Agus

Namun, jika tidak disikapi dengan baik, perbedaan minat ketika berlibur malah bisa menimbulkan konflik. Terlebih jika waktu liburan sangat singkat dan Anda tidak memiliki cukup waktu untuk mengunjungi banyak tempat.

2. Memicu pertengkaran tentang keuangan
Sebelum berlibur, Anda harus mempersiapkan anggaran untuk transportasi, makanan, penginapan, dan kebutuhan lainnya. Anda tentu perlu mendiskusikan anggaran dengan pasangan dan menyepakati pembagian pengeluaran.

Anda atau pasangan bisa saja melanggar kesepakatan tersebut tanpa sadar. Hal ini yang akhirnya dapat memicu konflik. Selain kehilangan manfaat liburan bersama pasangan, Anda pun pulang dengan perasaan kesal.

3. Memperburuk konflik yang sedang berlangsung
Anda akan menghabiskan banyak waktu bersama pasangan selama liburan. Ini merupakan hal yang baik jika hubungan Anda tengah harmonis. Namun, interaksi secara terus-menerus bisa memperburuk konflik yang sedang berlangsung.

Baca juga: Destinasi liburan yang pas bersama balita

Terutama jika Anda tetap pergi ketika tengah bertengkar, lantaran sudah telanjur membeli semua tiket dan penginapan, serta merasa sayang membatalkannya.

Besar kemungkinan, perdebatan akan lebih sering terjadi. Perbedaan pendapat paling kecil sekalipun dapat memantik pertengkaran dan memperkeruh suasana. Akhirnya, kegiatan berlibur Anda malah memberikan kenangan buruk.

Hubungan asmara Anda memang bisa semakin mesra berkat liburan bersama. Akan tetapi, peristiwa di luar rencana dan komunikasi yang tidak lancar justru dapat membuat hubungan menjadi renggang.

Liburan bersama pasangan memang memberikan manfaat, tapi jangan memaksakan diri melakukan kegiatan ini saat kondisinya tidak memungkinkan. Selesaikan dahulu konflik yang ada, dan Anda akan mendapatkan liburan terbaik bersama orang tercinta.

sumber:hellosehat

Baca juga: Tips bawa balita ke luar negeri tanpa pengasuh
Baca juga: Inspirasi tempat liburan di Sydney dan Gold Coast
Baca juga: Tips bawa anak liburan tanpa drama

Pewarta :
Uploader : Admin Kalteng
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar