DPRD Gumas berikan saran menyajikan menu ikan agar anak tertarik

id DPRD Kabupaten Gunung Mas,penyajian ikan,makan ikan,DPRD Gumas berikan saran menyajikan menu ikan agar anak tertarik

Anggota DPRD Kabupaten Gunung Mas Untung Jaya Bangas. (Foto : Antara Kalteng/Chandra)

Kuala Kurun (ANTARA) - Anggota DPRD Kabupaten Gunung Mas, Kalimantan Tengah Untung Jaya Bangas mendorong kaum perempuan agar kreatif dalam mengolah makanan berbahan ikan, agar anak tertarik untuk mengkonsumsi.

“Ikan sangat baik bagi siapa saja khususnya anak, namun tidak semua anak gemar makan ikan. Disini diperlukan kreativitas agar anak mau memakan ikan,” ucap Untung saat dihubungi dari Kuala Kurun, Kamis.

Legislator yang berasal dari daerah pemilihan III yang meliputi Kecamatan Tewah, Kahayan Hulu Utara, Miri Manasa, dan Damang Batu ini menjelaskan, kreativitas yang dimaksud adalah dalam hal pengolahan serta penyajian makanan.

Baca juga: Persiapan penetapan DPRD Gumas periode 2019-2024

Misalnya saja, lanjut dia, anak biasanya enggan memakan ikan karena terdapat tulang. Untuk mengatasi hal itu, dia menyarankan para ibu untuk mengolah ikan dengan cara presto.

“Untuk penyajian masakan juga harus diperhatikan, harus bervariasi supaya anak menjadi tertarik memakannya. Jika disajikan secara menarik, maka anak akan tertarik memakannya,” beber politisi Partai Demokrat ini.

Oleh sebab itu, Untung menyambut baik pelaksanaan Lomba Masak Serba Ikan (LMSI) tingkat kabupaten yang diselenggarakan oleh Dinas Perikanan dan TP PKK Kabupaten Gumas, di GPU Tampung Penyang, Kamis.

Pelaksanaan lomba tersebut diharapkan dapat menumbuhkan krativitas masyarakat khususnya para ibu, dalam mengolah menu keluarga berbahan baku ikan, sehingga generasi muda di Kabupaten Gumas dapat menjadi generasi yang berkualitas.

Baca juga: Festival pangan lokal B2SA diharap mampu hasilkan produk khas Gumas

Ketua TP PKK Kabupaten Gumas Mimie Mariatie Jaya S Monong mengatakan meningkatkan konsumsi ikan pada masyarakat harus dimulai dari keluarga. Artinya, peran ibu sangat besar dan diharapkan dapat membangun kesadaran gizi anak-anak.

“Itu semua pada dasarnya bertujuan agar masyarakat gemar mengkonsumsi ikan, karena ikan dapat meningkatkan fungsi otak untuk kecerdasan, khususnya bagi anak-anak pada usia sekolah,” bebernya.

Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Gumas Trinayati menerangkan sebagai juara I LMSI tingkat Kabupaten Gumas 2019 adalah TP PKK Kecamatan Tewah, juara II TP PKK Kecamatan Kahayan Hulu Utara, dan juara III TP PKK Kecamatan Kurun.

“Juara harapan I adalah TP PKK Mihing Raya, juara harapan II TP PKK Kecamatan Manuhing, dan juara harapan III TP PKK Kecamatan Manuhing Raya. Untuk juara favorit adalah TP PKK Kecamatan Damang Batu,” demikian Trinayati.

Baca juga: Harga tanah di Gunung Mas mulai naik empat kali lipat
Baca juga: Mengukur kesiapan Kalteng menjadi calon Ibu Kota baru

 

Pewarta :
Uploader : Admin Kalteng
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar