Festival pangan lokal B2SA diharap mampu hasilkan produk khas Gumas

id Ketua TP PKK Kabupaten Gunung Mas,Festival pangan lokal B2SA ,produk khas Gumas,Festival Pangan Lokal Beragam Bergizi Seimbang dan Aman

Ketua TP PKK Kabupaten Gunung Mas Mimie Mariatie Jaya S Monong (dua dari kanan) bersama Kepala DPKP Kabupaten Gunung Mas Kardinal (kanan) dan lainnya saat melihat berbagai olahan pangan salah satu peserta lomba Festival Pangan Lokal B2SA Kabupaten Gumas 2019, di GPU Tampung Penyang, Selasa (6/8/2019). (Foto : Antara Kalteng/Chandra)

Kuala Kurun (ANTARA) - Ketua TP PKK Kabupaten Gunung Mas, Kalimantan Tengah Mimie Mariatie Jaya S Monong berharap Festival Pangan Lokal Beragam Bergizi Seimbang dan Aman (B2SA) Kabupaten Gumas dapat menghasilkan produk unggulan.

“Melalui festival ini diharapkan kita semakin suka dan terbiasa mengonsumsi produk olahan pangan lokal dan menghasilkan oleh-oleh khas Kabupaten Gunung Mas,” ucap Mimie saat membuka Festival Pangan Lokal B2SA Kabupaten Gumas, di Kuala Kurun, Selasa.

Dia mengatakan, penganekaragaman pangan merupakan upaya peningkatan ketersediaan dan konsumsi pangan yang beragam, bergizi seimbang dan berbasis potensi sumber daya lokal, untuk mewujudkan sumber daya manusia yang berkualitas.

Baca juga: Polisi amankan dua orang terkait pembunuhan Ketua PSSI Gunung Mas

Melalui festival ini, lanjutnya, diharapkan akan tumbuh kreativitas dan inovasi dalam membuat olahan pangan yang menarik, memiliki cita rasa tinggi, bernilai gizi, serta memiliki nilai komersil. Dengan demikian, ada nilai ekonomi yang diperoleh.

Menurut Mimie, olahan pangan yang menarik, bercita rasa tinggi, bernilai gizi serta memiliki nilai komersil harus menjadi perhatian agar pemanfaatan pangan lokal kedepan dapat terus berkelanjutan.

“Kegiatan seperti ini hendaknya tidak sampai di tingkat kabupaten maupun kecamatan saja. Akan tetapi hendaknya dapat berjenjang sampai ke tingkat desa/kelurahan. Ketua TP PKK kecamatan harus menyusun program lomba seperti ini di desa/kelurahan,” paparnya.

Baca juga: Muhammadiyah Kalteng : Pemindahan ibu kota perlu penyebaran informasi positif

Dia menyebut, jika sudah tersusun hingga tingkat desa/kelurahan, nantinya desa/kelurahan yang menjadi pemenang di tingkat kecamatan yang akan menjadi wakil kecamatan pada Festival Pangan Lokal B2SA tingkat kabupaten.

Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Gumas Kardinal menerangkan kegiatan ini diikuti 10 TP PKK kecamatan. Untuk dua TP PKK kecamatan yang tidak dapat berpartisipasi adalah TP PKK Kecamatan Rungan Hulu dan Miri Manasa.

Sebagai juara I kategori lunchbox B2SA adalah TP PKK Kecamatan Tewah, juara II adalah TP PKK Kecamatan Kurun, juara III adalah TP PKK Kecamatan Kahayan Hulu Utara.

“Untuk kategori produk olahan pangan lokal komersil, sebagai juara 1 adalah TP PKK Kecamatan Tewah, juara II adalah TP PKK Kecamatan Damang Batu, dan juara III adalah TP PKK Kecamatan Sepang,” demikian Kardinal.

Baca juga: Paskibraka bentuk karakter generasi muda, kata Kepala DPKO Gumas
Baca juga: Seorang pengusaha Gunung Mas ditemukan tak bernyawa di timbunan pasir
Baca juga: Harga tanah di Gunung Mas mulai naik empat kali lipat

Pewarta :
Uploader : Admin Kalteng
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar