Menteri Susi protes saat disuguhi air mineral kemasan plastik

id Menteri susi, air mineral, susi marah disuguhi air mineral kemasan plastik

Menteri Susi protes saat disuguhi air mineral kemasan plastik

Menteri Kelautan dan Perikanan RI, Susi Pudjiastuti. (ANTARA Foto/Jojon)

Jakarta (ANTARA) - Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti dikenal tidak segan mengemukakan pendapatnya, termasuk soal plastik sekali pakai untuk mengemas minuman.

Susi bersama Menteri Keuangan Sri Mulyani, Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara, Kepala Badan Ekonomi Kreatif Triawan Munaf dan Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal Thomas Lembong menjadi pembicara dalam acara Ignite The Nation di Istora Senayan siang ini. Saat Sri Mulyani sedang berbicara, panitia mengantarkan air mineral yang dikemas dalam botol plastik.

Susi secara spontan memprotes penggunaan botol plastik sekali pakai pasalnya plastik merupakan salah satu temuan paling banyak yang mencemari laut.

"Kemarin, saya demo di depan istana. Sekarang saya demo anak-anak muda. Stop pemakaian plastik sekali pakai," kata Susi dalam suara yang lantang.

Aksi Susi siang itu mendapat sambutan meriah dari peserta Ignite The Nation. Panitia pun segera mengambil air mineral yang sudah disediakan untuk para panelis dalam sesi itu.

Selama menjadi pembicara, Susi terlihat beberapa kali minum dari botol yang dia bawa sendiri.

Dalam kesempatan itu, Susi menceritakan tantangan yang dihadapinya selama mengurus perairan di Indonesia, termasuk kebijakannya menenggelamkan kapal asing ilegal yang kontroversial.

Selama ini Sri Mulyani menjadi salah seorang tempat "curhat" ketika dia mengalami masalah. Susi mengaku dia sering mengirim pesan singkat berisi "curhatan" kepada Sri Mulyani.

"Dia balas, 'sabar'. Saya nggak bisa, sabar begitu," kata Susi sambil bercanda.

Menutup sesi berbicara siang ini, Susi mengundang anak-anak muda untuk membuat aplikasi di bidang perikanan.